Saturday, April 17, 2010

Cara Backup AutoText - Perbedaan Smart Case dan Specified Case (Blackberry)

Salah satu fitur yang tidak kalah penting dan menarik yg terdapat dalam smartphone blackberry adalah AutoText (atau yang disebut juga dengan words subtitution). Dengan AutoText anda bisa menyimpan berbagai animasi yg lucu dan dikirim ke sahabat sahabat anda yg berada di dlm bbm beserta pesan-pesannya.

Kegunaan autotext lainnya yaitu anda bisa mengirim pesan atau kalimat text yang panjang dengan hanya menekan beberapa tombol saja. Ini bukan hanya menghemat waktu tapi juga menghemat tenaga dan baterai :)
Bayangkan jika anda sedang lagi menyetir mobil/motor lalu ada orang yang mengirim pesan kepada anda bertanya atau menjelaskan tentang sesuatu. Tentu saja anda tidak boleh menggunakan bb terlalu lama karena anda harus fokus ke jalan. Dengan ini anda bisa menekan (misalkan) “otw” dan kalimat yang muncul bisa seperti “Sebentar, saya lagi di perjalanan” atau “Sebentar, saya sedang nyetir. Nanti saya akan balas setelah sampai di tujuan”. Nah, fitur ini bukan hanya seru untuk digunakan, tapi juga sangat bermanfaat bukan?.


cara backup autotext blackberry
Buat pengguna blackberry yang sudah bersusah payah membuat atau mengumpulkan banyak autotext tentunya tidak ingin datanya hilang begitu saja jika terjadi error atau masalah lain dengan bb smartphone anda bukan. Anda tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada aplikasi yang dapat digunakan untuk memback-up dan restore kembali AutoText anda secara mudah.

Untuk mendapat aplikasi tersebut anda bisa masuk ke Blackberry World icon dan ketik “AutoText backup” setelah itu tinggal ikut prosedurnya saja. File backupnya nanti akan tersimpan di media card, jadi suatu saat jika anda memutuskan untuk mengganti bb baru maka anda hanya perlu memasukkan media cardnya ke bb baru anda dan restore file backupnya kembali.

Apa Bedanya SmartCase dan Specified Case?

perbedaan smart case dan specified case autotext
Yang sering main autotext seharusnya tau kalau di dalam AutoText ada yang namanya specified case dan smart case. Apa ada perbedaan antara keduanya? Ya jelas ada :) sebenarnya perbedaan antara keduanya hanya terletak pada penanganan huruf besar dan tidaknya saja.

Jika anda menggunakan Smart Case maka tiap kata atau kalimat yang berubah menjadi kata/kalimat yang anda tanam tergantung dimana diletakkannya. Jika autotext/word substitution nya terjadi di awal kalimat maka otomatis huruf dari kata terdepan akan menjadi huruf besar. Dan jika word substitution nya terjadi di tengah tengah kalimat maka kata/kalimatnya akan menjadi persis seperti yang anda tanamkan.

Jika anda menggunakan SpecifiedCase maka setiap autotext atau word substitution yang terjadi akan menjadi sama persis seperti yang anda tanamkan (tidak perduli kata/kalimat tersebut terletak di depan atau di tengah tengah kalimat). Contoh kata yang paling sering digunakan dalam SpecifiedCase adalah nama kota atau nama negara seperti “Canada”, hk menjadi “Hongkong”, jkt menjadi “Jakarta”, srby menjadi “Surabaya”, dsb.

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete