Tuesday, April 13, 2010

Cara Cek Model Blackberry, Asli atau Palsu, dan Versi OS

Tidak semua ponsel blackberry terdapat nama model yang tertulis atau ter-display pada luar body hp tersebut, bagi anda yang tidak tau atau lupa model blackberry yang anda miliki maka anda harus repot repot mem buka baterai atau menanyakan kepada yg ngerti. Namun anda tidak perlu khawatir, berikut cara atau tips sederhana untuk mengetahui tipe model bb yang anda miliki.


Sebagian cara berikut juga bisa sekaligus mengecek atau melhat OS blackberry device anda:

Selain membuka baterai dan melihat stiker label putih yang ada di dalamnya, anda juga bisa melalui cara: Tekan Menu dari hp bb anda > pilih Options > klik About (di beberapa model anda harus memilih Device lalu About/About Device Versions. Setelah itu anda bisa melihat model bb yg anda miliki (beserta software version nya).

cara cek model  dan versi os blackberry

Cara lain yang juga sederhana yaitu masuk ke folder Message, lalu buka compose email (buka email anda) dan ketik “Myver” pada kolom isi bagian Subject. Setelah itu tekan tombol spasi pada ponsel anda, maka informasi model blackberry anda beserta versi OS nya akan lamngsung muncul di kolom isian tersebut.

cara mengecek versi os bb

cara check model dan versi os di blackberry

Selain melalui compose email, anda juga bisa melakukannya di bbm window chat lohh.. caranya sama seperti langkah langkah tadi diatas, coba aja ;)


cara check blackberry yang asli atau palsu
Untuk mengecek apakah ponsel blackberry yg anda miliki asli atau palsu:

Cek PIN dan IMEI: klik menu Options pada home screen bb anda lalu pilih status. Di beberapa model lain, anda harus masuk ke Options > Device > Device and Status Information.

Tekan Shift + Alt + H (secara bersamaan) sehingga muncullah nomor PIN dan IMEI ponsel blackberry anda. Melalui langkah ini, anda bisa mengecek dan mencocokkan kedua nomor tersebut apakah nomornya sama dengan yang di tempat baterai dan dus. Nomor IMEI ini wajib ada di semua jenis model termasuk Blackberry. Cara lain untuk mengecek IMEI adalah dengan menekan tombol *#06#
cara cek imei blackberry

Pastikan nomor IMEI yang tertempel pada dus ponsel blackberry anda tidak terlihat mencurigakan seperti stikernya bertumpuk tumpuk atau tulisannya yang luntur atau diubah. Walaupun ini jarang terjadi tapi sebaiknya di check.
cara cek imei bb

Selain itu anda juga sebaiknya mengecek data lifetime pada ponsel blackberry tersebut:
Klik Option > Status > setelah itu ketik “BUYR”, atau bagi sebagian model;
Klik Option > Device > Device and Status Information (lihat data usage nya).
Jika muncul angka 0 (nol) maka ponsel bb anda masih baru tetapi jika muncul pesaen “Exceeding 120K dan Voice Usage Exceeding 60 Minutes, itu artinya ponsel blackberry anda sudah pernah dipakai alias bekas.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete