Sunday, April 25, 2010

Cara Membuka Pattern Atau Password Android HP Yang Terkunci

cara membuka pattern password kunci android
Android biasanya membuka hp yang terkunci dengan meminta pemilik memasukkan PIN, pattern, atau password. Namun bagaimana apabila anda lupa dengan password anda sendiri? Atau misalnya anda tau passwordnya tetapi hp anda dimainkan anak kecil yang iseng memasukkan sandi yang salah berulang-ulang kali sehingga hp anda otomatis terkunci.

Untuk contoh masalah yang kedua diatas sebenarnya cukup mudah, yaitu anda bisa menunggu timer atau waktu yang diberikan (setelah melakukan kesalahan password berulang-ulang kali) habis kemudian mencobanya kembali. Perangkat biasanya memberikan beberapa kesempatan bagi pemakai untuk memasukkan password yang benar namun jika tetap saja salah maka timer akan muncul dan si pemakai harus menunggu waktu yang ditentukan sebelum akhirnya bisa mencobanya kembali.

Akun Google

Jika selama ini google memperketat keamanan dalam hal mengakses ke perangkat android seiring dengan terusnya model-model perangkat android yang baru bermunculan, namun dia juga memberi cara alternatif lain untuk sang pemilik agar membuktikan bahwa smartphone yang terkunci tersebut adalah miliknya, yaitu dengan memasukkan username akun Google beserta passwordnya.

Untuk menemukan fitur ini, anda bisa coba memasukkan password yang salah berkali-kali pada lock screen, setelah itu akan ada tulisan “Forgot Password”, “Forgot Pattern”, atau “Forgot PIN” muncul di layar. Tekan tulisan itu dan anda akan dibawa ke halaman di mana anda disuruh memasukkan username akun google hp anda dan passwordnya .

Situs Device-Tracking

Pada android versi 5 keatas beda lagi karena halaman username dan password googlenya tidak ada sehingga menyisakan beberapa cara yang ada. Untuk Samsung, anda bisa login ke Samsung Find My Mobile menggunakan akun Samsung anda kemudian pilih opsi “Unlock my screen” untuk membuka lock screen pada preangkat anda. Produsen hp lain mungkin menyediakan fitur yg serupa jika mereka menyediakan device-tracking website.
Jika perangkat anda memiliki Google Android Device Manager yang sudah diaktifkan maka anda bisa masuk ke situs Android Device Manager. Login dengan akun google yang sama dengan yang di android anda lalu “Erase” (hapus) dari situ agar anda bisa memulainya seperti saat beli baru.

cara menghapus data perangkat android

Metode lain yang terbukti dapat membuka kunci android dari para pengguna yaitu:

Gunakan ponsel lain untuk melakukan panggilan ke hp yang terkunci. Terima panggilan tersebut lalu tekan tombol ‘back’, langkah ini seharusnya memberi akses masuk ke hp yang terkunci tersebut kemudian masuk ke security setting dan mengubah pin atau pattern. Tentunya sebelum ponsel mengubahnya anda harus masukkan pin yang lama terlebih dahulu yang sayangnya anda tidak tahu. Satu-satunya jalan adalah terus mencoba sambil menebak sampai berhasil masuk.

Cara lain yang digunakan untuk membuka kunci ponsel LG phones. Cara ini efektif jika status wifi dan data connection ponsel tersebut dalam keadaan off. Seperti yg dijelaskan tadi, cara ini hanya berlaku pada ponsel LG yang memiliki fitur quick memo app.
  • Tekan dan tahan tombol ‘volume up’ sampai aplikasi quick memo muncul, setelah itu pilih mana aja lalu tekan tombol ‘sharing’ dan pilih SmartShare. Dengan memlih SmartShare, bluetooth dan wifi (yang penting wifi disini) akan otomatis diaktifkan. Pastikan bahwa anda berada di area jaringan wifi sehingga ponsel tersebut bisa terhubung secara otomatis. Ini akan menjadikan status ponsel anda menjadi online dan anda bisa kemudian masuk dan mencoba semua cara yang sama yang dijelaskan pada kasus sebelumnya diatas.

Factory Reset

 Jika cara-cara diatas juga masih belum bisa, maka anda bisa mencoba Factory-Reset pada android anda, namun semua data di hp anda akan terhapus kemudian dimulai dari seperti beli baru lagi. Sebenarnya cara ini tidaklah terlalu mengecewakan karena kebanyakan data pada android terkini sudah terdapat fitur sync online sehingga data-data sudah diback-up secara otomatis. Sign in dengan akun google yang sama dan anda akan memperoleh balik semua contacts, apps, email dan lain-lain. Setelah itu anda bisa membuat kembali password baru untuk membuka hp yang dikunci.

Untuk melakukan factory-reset, tekan dan tahan tombol ‘power’ dan ‘volume down’ secara bersamaan. Beda ponsel android memiliki cara yg berbeda pula untuk melakukan reset ini, beberapa android lain bisa dengan cara:
  • Tekan dan tahan tombol ‘home’, ‘power’ dan ‘volume down’.
  • Tekan dan tahan tombol ‘home’, ‘power’ dan ‘volume up’.
  • Tekan dan tahan tombol ‘power’ dan ‘volume down’.
  • Tekan dan tahan tombol ‘power’ dan ‘volume up’.
  • Tekan dan tahan tombol ‘home’, dan ‘power’.
Kemudian lepas tombol tersebut ketika android sudah mulai beraksi menampilkan halaman menu factory reset. Scroll dengan menggunakan tombol volume untuk memilih opsi “Factory Data Reset” dan tekan. Setelah itu tekan “Reset phone” lalu “Erase everything” (langkah ini akan menghapus semua data yang ada, sekaligus membuka perangkat android yang terkunci).

cara melakukan factory reset android

No comments:

Post a Comment