Monday, April 19, 2010

Cara Mengetahui/ Melacak Lokasi atau Keberadaan Seseorang

Ada beberapa cara yang menarik untuk mengetahui atau melacak keberadaan seseorang melalui gadget atau smartphone. Kita tau bahwa zaman sekarang siapa sih yang gak megang handphone, nah dengan meningkatnya penggunaan smartphone ini lah teknologi teknologi baru kian bertambah termasuk kemampuan mengetahui keberadaan si pengguna melalui beberapa aplikasi, salah satunya adalah Whatsapp. Berikut cara tracking lokasi seseorang dengan menggunakan aplikasi Whatsapp;

cara melacak lokasi keberadaan seseorang
  • Pertama-tama buka whatsapp web di komputer desktop, lalu ajak chatting si target untuk mendapatkan alamat IP nya.
  • Setelah itu tekan logo Win + R di keyboard dan ketik “cmd” dan tekan Enter untuk memunculkan command prompt.
  • Langkah selanjutnya, ketik “netstat-an” dan tekan Enter.
  • Silahkan catat alamat IP yang tertera disana kemudian buka website http://www.ip-adress.com/ip_tracer/  atau http://www.ip-tracker.org/  dan lakukan tracking disana menggunakan alamat IP yang anda catat tadi.

Cara diatas juga bisa digunakan untuk melacak lokasi seseorang via chatting di facebook.

Selain itu teman teman anda di group WA juga akan segera bisa melacak keberadaan anda dengan fitur baru yang rencana akan dirilis Whatsapp yaitu 'Live Location Tracking' atau 'Pelacakan Lokasi Langsung'. Fitur ini memungkinkan pengguna WA melihat lokasi teman mereka yang berada di group saat melakukan pertemuan.

Sebenarnya Whatsapp sudah memungkinkan para pengguna untuk berbagi lokasi mereka, namun fasilitas pelacakan real-time ini mengambil satu langkah lebih jauh.

Pengguna memiliki opsi untuk mengaktifkan 'Pelacakan Lokasi Langsung' untuk jangka waktu tertentu. Tampaknya akan ada pilihan; satu, dua, dan lima menit yang diberikan. Untuk mengatasi masalah privasi, pengguna WhatsApp perlu memilih secara manual melalui menu Setelan aplikasi. Fitur ini rencana akan dinonaktifkan secara default saat mereka telah tiba di destinasi.

Ada pun cara lain untuk melacak lokasi seseorang, yaitu dengan menggunakan Google Map. Kita tau bahwa Google Map adalah aplikasi yang pada dasarnya digunakan untuk memandu jalan dari tempat dimana anda berada ke destinasi yang anda inginkan. Sekarang aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berbagi lokasi anda dengan teman dan keluarga anda.  Oleh karena hal ini maka google map juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang. Berikut langkah langkahnya:

cara mengetahui berbagi lokasi melalui map
  • Ambil smartphone atau hp yang anda ingin lacak, buka aplikasi Google Map, jika belum ada anda bisa menginstalnya melalui Playstore.
  • Setelah selesai terinstal, buka Google Map lalu klik Menu yang berada di atas kiri kemudian klik Locations.
  • Setelah itu anda bisa pilih siapa saja yang anda izinkan untuk mengetahui keberadaan anda. Selain memilih teman, anda juga bisa membuat link mengenai keberadaan anda. Siapapun yang kirim link yang baru anda buat tersebut bisa melihat dimana anda sekarang secara live (langsung).

No comments:

Post a Comment