Cara Mengganti Huruf Drive Pada Hardisk Di Windows

Kadang huruf di tiap partisi harddisk bisa berganti dengan sendirinya, ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan seperti: partisi yang belum terformat ketika setelah di install ulang; memasang USB, external hard-disk, DVD multi recorder dsb. Contoh, misalkan USB anda yang selalu terpasang di laptop biasanya memiliki huruf F:\ namun yang anda lihat malah menjadi G:\, atau CD-ROM yang biasanya selalu H:\ sekarang menjadi I:\.

Meskipun tidak begitu berpengaruh pada system computer/ laptop namun hal ini juga bukan merupakan masalah kecil karena selain bisa membuat pengguna bingung, file-file dan dokumen yang telah anda bookmark di browser juga tidak bisa dibuka lagi. Ini juga berpengaruh pada semua aplikasi desktop yang menyimpan dan menggunakan data alamat location untuk membuka file-file tertentu dalam hardisk.



Nah, untuk mengatasi hal tersebut terdapat cara yang simple tanpa memerlukan software. Berikut caranya:
  • Pertama tama, buka menu Start di layar Windows anda. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih Administrative Tools. Terdapat berbagai cara untuk masuk ke Control Panel, namun intinya masuk ke Control Panel.
cara merubah huruf drive hard disk

  • Setelah berada di Control Panel, pilih Computer Management lalu klik menu Storage. Kemudian pilih Disk Management dan anda akan melihat berbagai volume Harddisc anda dengan bermacam layout, type dan status.
tips menukar huruf drive hardisk
  • Langkah terakhir tinggal diubah saja hardisk yang ingin anda ganti hurufnya – klik drive tersebut lalu klik kanan dan pilih Change Drive Letter and paths. Setelah itu pada kotak dialog drive dengan beberapa pilihan yakni ‘add’, ‘change’ dan ‘remove’, pilih ‘Change’ tentunya. Sekarang anda bisa memilih drive sesuai dengan apa yang diinginkan dengan memilih option yang disediakan pada bagian ‘Assign The Following Drive Letter’.
  • Kemudian klik ‘Ok’.

Kenapa Hard Drive Selalu Memiliki Huruf Drive C?

cara mengubah huruf drive hardisk
Pada komputer IBM yang kompatibel (PC) yang menjalankan sistem operasi Microsoft, seperti Windows atau MS-DOS, hard drivenya merupakan drive C: karena ini adalah huruf drive pertama yang tersedia untuk hard drive. Komputer menugaskan drive A: and B: ke disket floppy dan terkadang media removable lainnya, seperti tape drive. Saat Anda menginstal drive lain, buat partisi baru, mereka akan dilabelkan ke huruf drive lain yang merupakan urutan setelah C, seperti D, E, F, G, dll.

Sebagai contoh, kebanyakan komputer saat ini dilengkapi dengan hard drive dan drive disk, seperti drive CD-ROM, CD-R, atau DVD. Dengan konfigurasi umum ini, drive C: akan diberikan ke hard drive dan drive D: akan diberikan ke drive CD atau DVD. Bahkan jika floppy drive tidak terpasang di komputer, karena huruf drive A: dan B: dicadangkan untuk drive floppy, sedangkan drive C: tetap akan diberikan ke hard drive.

No comments:

Post a Comment