Thursday, April 15, 2010

Cara Menggunakan Blackberry Protect untuk Backup/ Mengembalikan Data yang Terhapus di BB

cara menggunakan blackberry protect
Blackberry Protect di dirancang khusus untuk mem-backup dan mengembalikan semua data penting pada ponsel Blackberry anda. Fitur ini juga dapat mengunci atau menghapus total segala informasi yg ada pada ponsel Blackberry anda jika ponsel tersebut dicuri atau hilang.

Dengan Blackberry Protect, informasi yg sangat penting seperti daftar kontak, pesan sms, memo, tasks dan bookmark browser dapat di-backup (disimpan) secara otomatis pada server Blackberry Protect dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali jika anda mengganti ponsel atau ponsel anda hilang.

Tentunya anda harus memiliki Blackberry ID terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini pada ponsel anda. Untuk memulai menggunakan BB Protect, anda bisa download dan install Blackberry Protect pada ponsel anda.



Backup

Jika diaktifkan, Blackberry Protect akan membackup data anda secara otomatis sesuai aturan settingnya (sebulan sekali, seminggu sekali atau bahkan setiap hari).

Jika ponsel BB anda digunakan (sibuk), dimatikan atau tidak dapat signal (tidak terhubung ke internet) maka BlackBerry Protect akan menghentikan sementara (pause) proses backup dan akan melanjutkannya kembali jika ponsel anda idle atau telah dinyalakan kembali dan terhubung ke jaringan nirkabel.

Penghapusan Data

Tidak hanya itu, di Blackberry Protect kita juga bisa melakukan backup atau penghapusan data secara remote (jarak jauh) supaya informasi penting/pribadi tidak terbaca oleh orang lain.

Jika anda tidak ingat dimana anda meletakkan smartphone BB anda dan backup belum dibuat, maka tidak perlu khawatir, anda bisa login ke situs Blackberry Protect dimana anda dapat dengan mudah melakukan remote backup/wipe demi keamanan.

cara melacak bb yang hilang

Anda juga dapat mematikan/mengaktifkan fitur ini pada ponsel anda, caranya:
Masuk ke Blackberry Protect - tekan Menu atau tombol icon Blackberry pada ponsel anda - pilih ‘Stop Blackberry Protect’ atau ‘Start Blackberry Protect’ - masukkan Blackberry username dan password anda.

Untuk mengubah jenis data yang ingin anda backup:
Masuk ke BB Protect - tekan tombol menu - Options - pilih dan centang tipe data yg anda inginkan.

cara backup semua data di blackberry

Untuk mematikan backup:
Masuk ke BB Protect - tekan tombol menu - Options - hapus centang pada pilihan 'Automatically Back Up' - tekan tombol menu - Save.

cara menyimpan data blackberry

Untuk mengakses dan mengelola fitur fantastis ini, anda bisa mengunjungi situs http://protect.blackberry.com.
Dari situs Blackberry Protect ini anda dapat mengirim pesan ke BB Anda (seperti alamat atau nomor telepon) sehingga siapa pun yang menemukan ponsel tersebut dapat membaca pesan itu dan mengembalikannya ke rumah Anda.

Dari Blackberry Protect website anda juga dapat melihat lokasi BB anda secara langsung, ini berarti bahwa jika perangkat Blackberry anda dicuri atau hilang, anda dapat dengan mudah menemukannya. Anda perlu mencentang menu ini pada ponsel anda agar bisa menggunakannya.

cara melacak bb dengan gps

Blackberry Protect juga sangat membantu jika anda ingin mengganti smartphone Blackberry lama anda ke yang baru. Yang harus anda lakukan adalah melakukan backup pada ponsel lama anda dan kemudian akses ke menu Blackberry Protect pada ponsel Blackberry baru anda dan pilih restore data.

7 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. dari menu Blackberry Protect, lalu pencet Restore Data

      Delete
  3. Halo bang..bb saya mati total tp pernah back up..skrng saya pake smartphone android. Saya mau restore data..sdh berhasil masuk melalui idbb yg dipake waktu itu. Tp gak ada pilihan restore data..mohon pencerahannya. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk restore data dari bb protect, perangkat baru tersebut harus diinstal bb protect juga, tapi sy belum cek apa ada app bb protect utk android. Cara termudah lainnya utk merestore data dari bb ke android yaitu dengan mendownload Google Sync pada bb setelah itu lakukan sikronisasi ke perangkat android melalui Gmail. Hanya saja kekurangan dari google sync yaitu caller image gak bisa ngikut di restore.

      Delete
  4. Gan, klo cuman mau transfer phone kontek ke android gmna yah? Bb konteknya uda berhasil pindah tapi phone konteknya masih ketinggalan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindahin phone contacts ke andro bisa melalui bluetooth, jadi ga perlu adanya jaringan internet dsini. Caranya, aktifkan bluetooth pada kedua perangkat hp:
      Android = setting > Wireless & networks > Bluetooth Settings.
      BB = Option > Networks and Connections > Bluetooth Connections.
      Setelah itu klik "Paired Devices" kemudian "Add a new device" dan klik "Search" setelah itu perangkat android anda seharusnya langsung bisa kedetek.
      Setelah kedetek, menu 'Paired devices' akan muncul pada layar bb, klik menu ini dan tekan tombol menu blackberry kemudian pilih "Transfer contacts".

      Delete