Thursday, April 15, 2010

Cara Menyimpan (Backup) dan Mengembalikan (Restore) Blackberry Contact

Sudah tidak diragukan lagi bahwa menambah atau membuat ulang contact satu per satu pada blackberry smartphone secara manual merupakan hal yang jenuh dan melelahkan apalagi jika ponsel blackberry kita yang lama hilang, maka sebagian kontak bisa saja ilang permanent jika tidak diback up terlebih dahulu.

Untuk menghindar hal tersebut, berikut tips atau cara untuk membackup seluruh contact pada ponsel Blackberry smartphone:


cara backup contact bbm
  • Pada Home screen, klik ikon atau simbol Blackberry Messenger.
  • Pada halaman daftar kontak, tekan tombol Menu dan klik Option. Setelah itu klik Back Up dan kemudian Back up files locally (anda dapat menyimpan file backup anda pada smartphone Blackberry atau pada kartu media).
  • Anda dapat mengaktifkan Auto save contact list changes (dengan mencentang kotak fasilitas tersebut), sehingga file back up akan disimpan secara otomatis setiap kali daftar kontak anda berubah.
  • Klik Back Up Now.

Untuk mengembalikan daftar kontak kembali ke ponsel Blackberry, berikut caranya:

  • Pada Home screen, klik icon Blackberry Messenger.
  • Pada halaman daftar kontak, tekan tombol Menu dan pilih Option.
  • Klik Restore using a backup file from device (cari dimana anda menyimpan file backup tersebut dan unduh).

Sekarang, BBM 7 hadir dengan update besar. Dalam BBM 7 (dan keatas), kita tidak lagi perlu khawatir karena semua daftar kontak BBM dan info pengaturan akan dicatat dalam Blackberry ID anda. Ini berarti semua daftar kontak dan perubahan yang kita lakukan pada Blackberry smartphone akan otomatis dibackup pada Blackberry ID.
Ini berarti kita tidak perlu lagi secara manual membackup dan mengunduh kembali isi kontak pada Blackberry jika kita menukar BB kita ke yang baru karena semua informasi yang kita simpan di BB lama akan disimpan dalam BBID masing masing. Jika anda perhatikan, tidak ada tombol fitur backup/restore lagi pada BBM versi 7.

cara mengetahui versi bbm
Cara cek atau mengetahui versi BBM anda.
Untuk mengetahui versi apa BBM yang anda miliki bisa melalui Option > Applications. Cara lain yang lebih gampang diingat yaitu masuk ke Blackberry Messenger, pada daftar kontak Blackberry anda klik Menu dan pilih Options, tekan tombol Menu lagi dan pilih About Blackberry Messenger.

cara backup kontak bbm
Blackberry Protect
Anda juga dapat menggunakan fitur Blackberry Protect untuk memindahkan data ke perangkat baru Blackberry anda. Aplikasi ini juga gratis dan akan memungkinkan anda mengambil keuntungan dari beberapa fitur penting seperti backup otomatis semua kontak, entri kalender dan banyak lagi.
Selain itu, Anda juga dapat melakukan remote backup serta remote wipe demi keamanan, sehingga semua informasi pribadi anda akan dihapus di ponsel lama. Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa mengunjungi halaman situs Blackberry Protect.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete