Tuesday, April 13, 2010

Fakta Tentang RIM dan Blackberry Ponsel

Sebuah perusahaan yang berbasis di canada yang dinamakan Research In Motion telah mengembangkan dan merancang Blackberry sejak tahun 1996.

Awalnya, perusahaan ini  dikenal untuk pembuatan pager – pager yang berkomunikasi dengan proses 2-arah.

ponsel perangkat blackberry pertama
 Mereka memiliki WAP dan layanan 3G untuk mengirim dan menerima teks.

Pemerintah AS menggunakan lebih dari 500.000 blackberry.

BlackBerry pertama yakni 950 dinamakan LeapFrog.

Ponsel Blackberry generasi pertama memiliki fitur messaging dan email support kelas atas, tetapi mereka tidak mendukung HTML atau JavaScript. Pengguna harus men-download dan menginstal software pihak ketiga untuk menggunakan aplikasi tersebut.

BlackBerry Storm pada awal pengembangannya dikenal dengan sebutan Thunder.

Nama blackberry diberikan pada ponsel RIM karena telepon pertama yang dibuat di seri ini memiliki keypad seperti biji buah. Banyak buah-buahan yang ideal untuk ukuran biji kecil dan akhirnya nama Blackberry dipilih karena warna semua gadgetnya pada saat itu berwarna hitam.

Lazaridis dilahirkan dengan nama pertama Mihalis di Istanbul, Turki.

Mike Lazaridis mendirikan Research In Motion dengan teman sekolahnya ketika belajar electrical engineering (teknik listrik) di University of Waterloo di Ontario. Dia meninggalkan sekolah dua bulan sebelum lulus karena beberapa kontrak mengalir untuk startup.

pendiri blackberry dan istrinya


Mike Lazaridis datang ke Kanada dengan orang tua asal Yunani pada usia lima dan dibesarkan di Windsor, ON. Lazaridis sudah mencintai sains ketika ia masih kecil dan selalu penasaran akan bagaimana ‘ini bisa begitu dan itu bisa begitu’.

Pada usia 12 ia memenangkan penghargaan untuk membaca semua buku ilmu pengetahuan di Windsor Public Library.

Dengan perkiraan kekayaan bersih US $800 juta (per Juni 2011), Lazaridis menduduki peringkat ke 17 sebagai orang terkaya di Kanada dan 651 di dunia (menurut Forbes).

Doug Fregin, teman dekat Lazaridis sejak kecil, adalah sesama mahasiswa. Mereka mendirikan Research in Motion (RIM), yang didirikan sebagai sebuah bisnis konsultasi elektronik dan ilmu komputer yang nantinya akan fokus pada pengembangan teknologi untuk transmisi data nirkabel, seperti email dan pesan teks, dan membangun wireless point-of-sale customer terminal.

fakta perusahaan rim blackberry


Gedung Putih Amerika Serikat menginstal layanan email pertamanya di bawah kepemimpinan presiden George W. Bush, Gubernur Florida Jeb Bush di tahun 2006 dengan menampilkan gambar dirinya dengan latar belakang BlackBerry 6.

Oprah Winfrey memberikan perangkat 710 BlackBerry (pada November 2005) kepada hadirin dalam acara menjelang Natal.

Pada tahun 2010 merupakan tahun dimana unit Blackberry paling banyak terjual. Sayangnya, tahun itu juga merupakan tahun dimana Apple iPhone mengalahkan Blackberry dalam hal pendapatan dan market share. Sejak itu, iOS telah terus berlari di depan, sedangkan BB semakin jauh di belakang.

Pada akhir 2011, iPhone dan ponsel Android telah menjadi lebih populer daripada Blackberry di Kanada, Amerika Serikat dan Inggris, dan sekitar hampir 60% dari penjualan RIM datang dari negara-negara lain.

Tidak ada yang mengantongi Academy Award dari merancang perangkat Blackberry. Namun, perusahaan pengembang tersebut mendapatkan Academy Award pada tahun 1998, untuk bar code scanner digital yang mereka ciptakan.

No comments:

Post a Comment