Thursday, April 8, 2010

Fakta Tentang Xiaomi

Xiaomi Inc., juga dikenal sebagai Millet Technology atau Xiaomi Technology "adalah sebuah perusahaan elektronik Cina swasta.

Saat ini Xiaomi merupakan pembuat smartphone terbesar ke-4 di dunia. Xiaomi mendesain, mengembangkan, dan menjual smartphone, aplikasi mobile, dan produk elektronik konsumen lainnya.

Xiaomi didirikan oleh Lei Jun (orang ke 23 terkaya di China menurut Forbes) pada 6 April 2010. Markas Xiaomi adalah di Beijing, China.

pendiri ceo pemilik xiaomi lei jun


Memiliki lebih dari 8000 karyawan dan terus bertambah menjadikan Xiaomi vendor smartphone terbesar di China pada tahun 2014.

Nama Xiaomi sendiri adalah kombinasi dari dua kata "Xiao" dan "Mi" yang berarti "kecil" dan "nasi" di Cina. Karena kesamaan dalam desain fisik produk, Xiaomi juga sering disebut sebagai "Apple China".

logo ponsel xiaomi cina


Logonya yang bertulisan Mi adalah singkatan dari Mobile Internet, ada juga arti lain yaitu "Mission Impossible" karena ketika sedang mendirikan Xiaomi mereka mengalami banyak hambatan dan masalah yang sulit diatasi sehingga banyak yang berpendapat cita-citanya mustahil untuk dicapai.

Tidak hanya produknya saja yang dijuluki Apple dari China, founder alias pendiri sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun juga disebut sebagai “Steve Jobs dari China” apalagi ketika sedang memakai kaos t-shirt berwarna hitam yang ia sering pakai saat berbicara di depan para hadirin.

lei jun mirip dan steve job

pemilik pendiri redmi dan apple inc


Smartphone pertamanya dirilis pada Agustus 2011 (Xiaomi MI1) sedangkan tablet pertamanya MiPad diumumkan di Xiaomi New Product Launch Event pada tahun 2014. Wi-Fi router pertama Xiaomi diluncurkan pada 23 April 2014 sedangkan TV Android pertama Xiaomi diumumkan pada tahun 2013.

Xiaomi tidak memiliki toko. Mereka menjual produknya hanya melalui online dari website mereka.

Selagi perusahaan lainnya mengandalkan kampanye iklan besar-besaran dan sering didukung oleh selebritis high-profile seperti iklan sepakbola Samsung, Xiaomi hanya bergantung pada kampanye media sosial dan referral ntuk memperoleh pelanggan baru.

Xiaomi membeli domain baru Mi.com pada April 2014 dengan harga sekitar 44,5 milyar rupiah (3,6 juta AS). Mi.com merupakan nama domain paling mahal yang pernah dibeli di Tiongkok, menurut seorang eksekutif senior Xiaomi.

Ponsel flagship dari Xiaomi adalah seri Mi dan model terbaru seri ini adalah Mi 4. Mi 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon 800 dan dinyatakan sebagai telepon cerdas Android tercepat di dunia setelah diuji menurut pengujian tolak ukur aplikasi Antutu, Quadrant dan Geekbench.

ponsel xiaomi note 3
Di India, Redmi Note tersedia secara eksklusif pada Flipkart. Pada tanggal 2 Des 2014 penjualan kilat pertama Redmi Note diadakan dan semua stok berjumlah 50.000 habis dalam waktu hanya 6 detik.

Untuk menyaingi iPhone 6, Xiaomi meluncurkan ponsel andalan baru yang diberi nama Mi Note dan Mi Note Pro. Kedua perangkat ini memiliki layar 5,7 inci dan desain dual kaca dengan tampilan kaca belakang 3 dimensi dan kaca depan 2.5 dimensi. Sejak dirilis, sejumlah publikasi yang berbasis di AS menjuluki ponsel tersebut sebagai “Telepon cerdas terbaik yang tidak bisa anda beli di Amerika."

Pada saat peluncurannya, The Xiaomi 3i3 Smartphone dianggap sebagai smartphone tercepat di dunia yang pernah ada.

Xiaomi berhasil menjual 15.000 Mi3s dalam 2 detik di India.

Sebanyak tiga dari posisi teratas dari sembilan kepemimpinan Xiaomi, ditempati oleh mantan Googler. Mereka adalah: Lin Bin, co-founder, presiden; Hong Feng, co-founder, wakil presiden; dan Hugo Barra, wakil presiden.

Hugo Barra adalah ilmuwan komputer asal Brazil dan juga seorang pengusaha teknologi. Dia meninggalkan Google pada tahun 2013 dan sekarang Wakil Presiden di Xiaomi.

hugo barra wakil presiden xiaomi


Maskot Xiaomi adalah seekor kelinci bernama Mitu yang sedang memakai ushanka (topi Lei Feng). Topi kelinci Mi ini memiliki bintang merah dan ia juga memakai sayap merah seperti Superman.

maskot xiaomi


Ponsel Xiaomi memiliki built-in teknologi dalam kamera mereka untuk membuat anda terlihat lebih menarik. Xiaomi tidak pernah mengungkit ini pada saat konferensi tapi melalui Amir Efrati of The Information. Secara specficially, Efrati mengatakan bahwa setiap ponsel memiliki fitur built-in untuk mempercantik wajah, memperbesar mata dan membuat kulit lebih bagus, cocok bagi yang suka selfie.

No comments:

Post a Comment