Sunday, April 25, 2010

Perbedaan Teknologi Jaringan 3G & 4G & 4G LTE

perbedaan kecepatan 3g dan 4g
Pada umumnya, perbedaan antara 3G dan 4G cukup sederhana. "G" adalah singkatan dari generasi, jadi 3G dan 4G mewakili generasi ketiga dan keempat dari mobile broadband Internet. Sebagai aturan, asalkan Anda berada pada operator yang sama, koneksi 4G akan lebih cepat daripada 3G. Namun, itu tidak berarti jaringan 4G dalam satu carrier akan selalu lebih cepat dari pada jaringan 3G di carrier atau penyedia layanan lainnya.

Untuk diiklankan sebagai 3G, jaringan diharuskan memenuhi seperangkat standar teknis untuk kecepatan dan keandalan, dan harus menawarkan kecepatan transfer data puncak minimal 200 kilobit per detik. Jaringan pertama yang memenuhi standar ini diluncurkan di A.S. sekitar tahun 2003, dan saat smartphone mulai mulai digunakan secara luas, permintaan akses mobile broadband yang lebih cepat akan meningkat. Hanya dalam beberapa tahun yang singkat, dorongan untuk kecepatan data yang lebih cepat ini mendorong standar baru lagi ke depan, dan saat ini jaringan 3G bisa mencapai 200 kbps hingga puluhan kali lebih cepat.



perbedaan 3g dan 4g 4g lte

Untuk diiklankan sebagai 4G, jaringan harus menawarkan kecepatan data puncak minimal 100 megabit per detik untuk komunikasi mobilitas tinggi (pengguna di mobil, kereta api, dll.), Dan setidaknya 1 Gigabit per detik untuk komunikasi dengan mobilitas rendah (pejalan kaki dan pengguna lainnya). Tidak semua jaringan 4G diciptakan sama - mereka datang dalam berbagai macam, dan beberapa lebih cepat dan lebih banyak digunakan daripada yang lain. Penerapan yang paling umum adalah LTE, WiMAX, dan HSPA +, namun LTE tidak diragukan lagi merupakan yang paling banyak digunakan di antara carrier utama AS.

Perlu dicatat juga bahwa setiap generasi baru broadband nirkabel biasanya mengharuskan penyedia layanan ponsel Anda melakukan upgrade di menara mereka, dan oleh karena itu mengharuskan Anda untuk mengupgrade ponsel Anda sehingga dapat mengirim / menerima sinyal melalui infrastruktur baru. Sebuah ponsel 3G tidak dapat berkomunikasi melalui jaringan 4G, namun generasi ponsel yang lebih baru praktis dirancang agar kompatibel ke belakang, sehingga telepon 4G dapat berkomunikasi melalui jaringan 3G atau bahkan 2G.

Anda mungkin ingin melewatkan rute 4G dan memilih ponsel 3G jika:
  • Area Anda tidak memiliki jangkauan jaringan 4G. Jika Anda tidak memiliki jaringannya, tidak ada gunanya membeli ponsel 4G, karena tidak dapat berinteraksi dengan menara sel 4G untuk menyampaikan sinyal. Namun, kebanyakan ponsel 4G dirancang agar kompatibel ke teknologi 3G, yang berarti mereka masih bisa terhubung dan berinteraksi dengan menara 3G saat jaringan 4G tidak tersedia.
  • Anda jarang sekali menggunakan aplikasi yang menguras banyak data. Jika Anda bahkan tidak pernah melakukan streaming musik dan video dari web, Anda mungkin tidak memerlukan kecepatan cepat yang ditawarkan 4G. Sebagian besar aplikasi untuk hal-hal mendasar seperti GPS, cuaca, email, dan jejaring sosial akan berjalan dengan baik pada koneksi 3G.

Kapan harus berahli ke  4G

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memperoleh telepon berteknologi 4G jika:

  • Anda menginginkan model ponsel yang lebih baru. Jaringan 4G menjadi standar yang cukup, sehingga sebagian besar ponsel terbaru dan paling mutakhir (Samsung Galaxy S3, iPhone 5, dll) biasanya adalah ponsel 4G.
  • Operator Anda memiliki jaringan 4g yang solid di wilayah Anda. Jika disediakan di sana, Anda seharusnya memanfaatkannya.
  • Anda menggunakan banyak data, sehingga lebih untung jika menggunakan kecepatan yang lebih cepat. Data plan biasanya menghabiskan biaya yang sama, terlepas dari apakah mereka menggunakan 3G atau 4G.

Apa Itu 4G LTE

Secara khusus, 4G LTE berarti "fourth-generation long term evolution" atau bahasa Indonesianya "evolusi jangka panjang generasi keempat," dengan LTE menjadi tipe 4G yang memberikan koneksi tercepat untuk pengalaman mobile internet - hingga 10 kali lebih cepat dari 3G. Banyak orang menggunakan istilah 4G dan 4G LTE secara bergantian, namun keduanya tidak sama.

Memilih LTE 4G atau 4G

Memilih 4G atau 4G LTE sebenarnya tergantung pada kecepatan mana yang Anda inginkan atau pilih. Jika Anda membutuhkan atau menginginkan kecepatan tercepat yang tersedia maka membeli smartphone yang mendukung 4G LTE lah yang disarankan. Selain itu, Anda seharusnya periksa peta cakupan (coverage maps) dari operator yang berbeda untuk melihat siapa yang menawarkan 4G LTE di sebagian besar wilayah, atau setidaknya area di mana Anda menghabiskan waktu paling banyak seperti rumah dan tempat kerja Anda.

No comments:

Post a Comment