Tuesday, April 27, 2010

Tip dan Trik Cara Menggunakan Google Photos

fakta tentang google photos
Google Photos mungkin tampak seperti layanan hosting gambar biasa, tapi sebenarnya jika diperhatikan bisa jauh lebih dari itu. Google Photos menjembatani jarak antara penempatan data hosting, hosting gambar, dan layanan berbagi gambar, menjadikan layanan ini saingan besar terhadap layanan serupa seperti Flickr, iCloud, Dropbox, dan OneDrive.

Anda mungkin tahu bahwa Google Photos melakukan backup secara otomatis pada perangkat android dan iOS dan anda bisa akses melalui web untuk melihat library anda. Anda mungkin juga tahu bahwa Google Photos menyediakan ruang penyimpanan yang tak dibatasi jika anda mengikuti batas limit quality yang telah ditentukan yaitu 16-megapixel pada foto dan 1080p pada video. Jika melebihi batas limit tersebut Google akan mulai memotong jatah Google Drive storage anda.

Share dan Unshare.

Salah satu fitur umum yang bermanfaat yg diperkenalkan oleh Google Photos adalah kemudahan yang Anda dapati untuk berbagi atau share sebuah gambar atau album gambar melalui link. Siapa saja yang memiliki link tersebut dapat melihat gambar yang berada disana. Caranya pilih 'Shared links' pada menu yang disediakan. Tentu saja anda juga bisa merubah settingan tersebut menjadi privat sehingga foto-foto tersebut hanya akan bisa dilihat oleh si pemiliknya.

Test Fitur Search.

Google Photos akan secara otomatis menyusun tiap foto yang anda upload ke servernya berdasarkan lokasi dan tanggal pengambilan foto tersebut. Menggunakan teknologi canggih yang bisa mengenali gambar apa yang sedang dimasukkan, Google Photos juga menggunakan fitur ini untuk mengkategorikan foto-foto yg anda upload sesuai dengan gambarnya. Cobalah search menggunakan kata "food", "car", “dinner”, "beer”, “panorama”, atau bahkan “selfie" kemudian Google Photos akan menampilkan foto-foto anda yang dikiranya masuk ke dalam kategori tersebut. Hasilnya tidak selalu akurat, tapi cukup bermanfaat.

panduan menggunakan google photos

Mengelompokkan Foto Dengan Wajah yang Sama dan Beri Label.

Google Photos mengelompokkan foto-foto dengan wajah yang dia anggap sama, oleh karena itu para pengguna kini memiliki kemudahan untuk mencari berbagai foto dengan wajah tertentu seperti "paman", "keponakan", atau "Stefanni". Fitur yang diberi nama “face group” ini beserta labelnya bersifat pribadi dan tidak akan terlihat pada siapapun dalam foto yang anda share. Untuk menggunakan fitur ini anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu, caranya masuk ke setting lalu aktifkan tombol pada kolom “Group similar faces”.

Setelah memberikan nama atau nickname pada sebuah foto, anda bisa melakukan pencarian atas nama tersebut dan semua foto dengan label tersebut akan muncul. Jika anda ingin merubah atau menghapus nama label, tekan menu “Option” dan pilih “Edit or Remove name label”.

mesin telusur pendetek wajah google photo


Jika terdapat lebih dari satu face group untuk orang yang sama, anda bisa menyatukan keduanya. Label salah satu face group dengan nama, lalu label lagi face group lainnya dengan nama yang sama. Ketika anda sudah meng-confirm nama yang kedua, Google Photos akan otomatis menanyakan apakah anda ingin menggabungkan mereka.

Upload Size.

Disini Anda dapat memilih antara dua ukuran penyimpanan "High Quality" dan "Original (asli)". Jika memilih settingan "High Quality" para pengguna bisa upload dan menyimpan gambar dan video berapapun yang diinginkan. Pilihan ini amat cocok bagi kita yang tidak begitu peduli akan kualitas sebuah gambar/foto, yang penting cukup bagus bila di print atau dishare ke teman-teman. Dengan "Original" setting maka ruang penyimpanan yang diberikan akan dibatasi yaitu sebesar 15 GB, lebih dari itu maka si pengguna akan dikenakan biaya tambahan.

kualitas ukuran foto google

Mengirim Video ke Youtube.

Tidak hanya foto, Google Photos juga menangani video dan menyimpan jumlah yang tidak dibatasi jika anda puas dengan kualitas video sebesar maximum 1080 pixel. Masuk ke halaman Youtube upload page dan disana terdapat opsi baru yaitu mengimpor video klip dari Google photos ke Youtube di mana anda juga bisa tag dan share video tersebut.

Backup Foto Dari App Lain.

Secara default, Google Photos akan hanya melakukan backup foto yang berasal dari folder camera saja. Jika anda ingin foto-foto pada folder app lain juga dibackup seperti Instagram, Viber, Whatsapp maka anda hanya perlu mencari tau dimana app tersebut menyimpan foto yang anda ambil.

Caranya, masuk ke menu icon diatas kiri layar lalu pilih "Device Folders", disini anda bisa perhatikan berbagai folder yang berasal dari berbagai app seperti Facebook, Instagram, Line dll menyimpan foto-fotonya tersendiri. Pilih folder mana yang akan anda masukkan ke dalam proses backup dengan menekan ikon awan diatas kanan maka Google Photos akan melakukan scan folder tersebut kedepannya.

cara backup foto & video hp di google


Cara lain yaitu masuk ke setting > Back up and sync > Choose folders to backup, kemudian pilih folder yang anda inginkan (Settingan ini sementara hanya ada pada perangkat android).

Menghapus Foto Setelah Diupload.

Apabila Anda sudah mengupload foto-foto ke Google Photos, ngapain foto-foto yang berada di hp disimpan lagi? bukankah akan hanya akan penuh-penuhin memory hp saja? Google Photos bisa secara otomatis menghapus foto dan video dari hp Anda setelah upload dilakukan. Caranya, masuk ke setting lalu pilih "Free up device storage".

Salah Menghapus Foto.

Pernahkan anda salah menghapus foto atau tidak sengaja menghapus foto di hp? atau bahkan foto yang sudah terhapus tiba-tiba anda berubah pikiran? Jika ini masalah yang sedang anda hadapi, jangan khawatir. Google Photos akan menyimpan foto-foto yang anda delete/hapus pada folder trash setidaknya untuk 60 hari kedepan. Jika salah menghapus anda bisa masuk ke folder trash ini, tekan dan tahan foto yang ingin anda ambil balik kemudian tekan restore arrow di bagian atas kanan layar.

cara balikkin foto yang terhapus

Duplicate File di Google Photos.

Google Photos dapat secara cerdik mendeteksi foto yang sama dan akan melakukan skip terhadap foto yang dia kira sebagai duplikat pada proses uploading. Nama file foto tersebut bisa saja berbeda, dan keduanya terletak di folder yang berbeda tetapi sistim Google tetap bisa mendeteksi foto yang sama tersebut.

Tekan dan tahan untuk memilih.

Google Photos menawarkan cara lebih mudah untuk memilih lebih dari beberapa foto sekaligus pada mobile app yaitu dengan menekan dan menahan lalu menyeret ke foto-foto yang anda pilih, sama seperti menggunakan mouse sewaktu menyeret untuk memilih gambar-gambar yang anda inginkan pada komputer atau laptop.

Berbagi Foto dan Video Kepada Siapapun.

Dengan Google Photos, anda bisa dengan mudah share/berbagi foto, gambar atau video pada siapapun melalui sebuah link, bahkan jika orang yang anda share tidak menggunakan google photos. Caranya, buka foto yang ingin anda share pada google photos lalu tekan 'tanda share' dan tekan "Create link", setelah itu anda bisa paste link tersebut ke siapa saja melalui bbm, whatsappp, line, atau bahkan paste di note sehingga anda bisa mengcopy nya kembali saat diperlukan.

Siapapun yang mendapat link tersebut bisa melihat fotonya. Untuk berbagi sebuah album anda tinggal klik icon menu yang berada di atas kanan lalu pilih "Share option" kemudian aktifkan tombol Share Album.

Anda juga bisa memasukkan orang lain bergabung ke dalam album anda dan membiarkan member baru tersebut ikut menambahkan foto mereka ke dalam album anda. Caranya, buka album yang anda inginkan, lalu klik tanda menu diatas kanan dan pilih Sharing Options, kemudian aktifkan terlebih dahulu tombol "Share Album" sebelum mengaktifkan tombol "Collaborate". Setelah itu copy link album tersebut dan kirim ke orang yang ingin anda masukkan. Jika orang itu setuju untuk bergabung maka dia bisa melihat semua foto yang ada di album anda, serta ikut menambahkan koleksinya ke dalam album itu. Anda bisa tau siapa saja yang telah masuk ke dalam album anda dengan melihat foto profile orang yang telah bergabung ke dalam album anda.

Saat ini, Anda belum bisa mengeluarkan satu orang member dalam album, namun anda bisa menghentikan semua member untuk mengupload foto mereka ke dalam album, atau menghentikan sharing secara total.

Data Lokasi.

Data lokasi yang otomatis tercantum pada tiap foto yang anda ambil membantu Google untuk mengelompokkan gambar-gambar berdasarkan di mana mereka diambil, namun tidak semua orang menginginkan data ini tertera pada foto yang mereka ambil ketika hendak di-share ke orang lain. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengaturnya melalui setting pada web dan pilih 'Remove geo-location'.

mendetek data lokasi foto google

Menggunakan Google Photos Saat Offline.

Kita masih bisa menggunakan Google Photos bahkan ketika kita sedang offline, atau tidak terhubung pada Wi-Fi atau jaringan mobile. Jika fitur "Backup and Sync" sedang diaktifkan maka foto dan video akan otomatis dibackup setelah hp kembali online atau terhubung ke internet. Anda akan melihat tanda upload pada foto dan video yang sedang menunggu dibackup, dan kalau anda belum membackupnya selama berhari-hari maka aplikasi tersebut bisa mengirim notifikasi tentang hal ini.

No comments:

Post a Comment