Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

fakta tentang line
Line merupakan aplikasi mengirim pesan (messaging) yang sedang naik daun. Sakin populernya pada April 2014 memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan Line, kita bisa follow berbagai akun resmi dari artis hingga ke brand yang anda gemari sehingga bisa mengikuti update dan berita terkini dari mereka yang disediakan khusus untuk para pengguna Line.

Ada beberapa hal yang anda mungkin tidak tahu anda bisa lakukan dengan Line. Berikut beberapa diantaranya:

Hidden Chat

Dengan fitur chat Line yg tersembunyi, anda sebenarnya bisa mengirim pesan teks, foto, stiker, dan bahkan lokasi dan info kontak yang akan otomatis hilang setelah dibaca.


Caranya, klik nama orang yang ingin anda ajak chat/ngobrol, lalu tekan namanya diatas kiri pada window dialog tersebut dan tekan Hidden Chat. Setelah itu anda akan dibawa ke window dialog baru dengan simbol gembok disamping namanya untuk mengingatkan bahwa disini merupakan tempat hidden chat rahasia.


rahasia menggunakan line

Disini anda bisa mengatur timer berapa lama (dari dua detik sampai dengan satu minggu) yang diinginkan untuk menghapus chat tersebut. Waktunya dimulai saat si penerima membuka hidden message nya. Jika hidden message tersebut tidak dibuka-buka, maka chat tersebut akan otomatis hilang setelah dua minggu.

cara kirim hidden message line

Backup Chat

Jika anda termasuk salah satu yang khawatir chat pentingnya hilang atau terhapus, Line juga memungkinkan kita untuk membackup dan menyimpan data chat.

Caranya, tekan tanda panah diatas kanan pada window bersangkutan, lalu pilih Setting dan Export Chat History. Anda bisa memilih untuk mengirim backup nya ke Email atau ke applikasi lain seperti Dropbox atau Google Drive.

cara backup menyimpan  chat line

Password-Lock Line

Jika menyembunyikan chat bagi anda belum cukup aman, anda bisa menambahkan satu lapisan keamanan lagi dengan menggunakan aplikasi password-locking.

Caranya, masuk ke Setting lalu pilih Privacy untuk mengaktifkan Password Lock. Setelah itu masukkan 4 digit password untuk membuka Line chat anda. Perlu diingat juga bahwa jika anda lupa kode password anda maka satu-satunya cara untuk akses kembali ke Line chat adalah menghapus dan install kembali applikasi Line anda. Ini juga berarti bahwa anda akan kehilangan chat history jika belum dibackup.

cara buat password chat  line

Online di Desktop

Ketika Whatsapp mengumumkan bahwa para penggunanya dapat akses online di desktop, banyak orang gembira atas berita ini. Tetapi jarang yang tau bahwa Line melakukan ini terlebih dulu jauh lebih awal dan bisa digunakan pada semua pengguna Android dan iOS sedangkan Whatsapp baru hanya pengguna Android saja sementara.

Caranya, anda perlu melakukan registerasi email terlebih dulu pada smartphone anda yang terinstall Line: masuk ke Settings, Accounts, lalu Email Registration. Jangan lupa pilih ‘Allow Login’. Setelah itu download aplikasi Line untuk PC/Mac, kemudian login dengan email dan password yang anda register pada smartphone anda.

Mencegah Orang Lain Add Secara Otomatis

Sebal melihat contact orang tak dikenal muncul dalam daftar teman Line anda? Ada cara untuk mencegah agar hal ini tak terjadi.

Caranya, masuk ke menu More di atas kanan, lalu pilih Settings, Friends kemudian non-aktifkan ‘Allow Others to Add’. Dengan cara ini, orang lain tidak bisa add anda walaupun mereka ada nomor telepon anda, dan harus mengirim request yang harus disetujui oleh anda untuk menerimanya atau tidak. Jika anda ingin lebih ‘susah dijangkau’, pilih Privacy kemudian non-aktifkan ‘Allow Others to Add by ID’ sehingga anda hanya bisa nge-add, bukan di-add.

Mencari Teks Pesan Yang Spesifik

Jika anda sering chat pada banyak orang dan dipenuhi dengan dialog-dialog yang panjang di Line anda maka kadang kala suka bingung mencari topik atau pembahasan penting sehingga sangat merepotkan jika harus mencarinya satu per satu. Untungnya, Line menyediakan fasilitas search untuk kata-kata atau kalimat spesifik sehingga kita bisa menemukannya secara mudah.

Caranya, di atas menu window chat terdapat search icon, tekan icon tersebut. Ketikkan kata atau kalimat yang ingin anda cari dan Line akan menunjukkan beberapa daftar chat yang berhubungan dengan kata tersebut.

Menghentikan Ajakan atau Pesan Lain Dari Line Family Apps.

Jika ada teman-teman anda yang terus menerus mengirim invitation atau ajakan untuk bermain game dari Line Family apps tentu bisa sangat mengganggu. Untungnya juga Line menyediakan cara untuk menghentikan notifikasi tersebut yang terus berdatangan.

Caranya, masuk ke More > Settings > Notifications > Additional Services. Dalam kolom Authorized Apps, non-aktifkan ‘Receive Messages’.

panduan menggunakan line messaging


Hemat Bandwidth Pada Pengiriman Foto.

Secara default, Line mengkompresi semua foto yang anda kirim. Jika kuota anda terbatas, atau sedang berada di area yang lemah sinyal, anda bisa merubah kualitas pengiriman foto menjadi low.

Caranya, masuk ke Settings > Images & Videos > rubah kualitas pengiriman foto dari ‘standard’ ke ‘low’.


Cara Unik Add Teman.

Line memiliki cara yang unik untuk nge-add teman. Jika sedang berada dengan teman anda, cobalah ‘shake phone’ kalian dengan cara: masuk ke More > Add Friends > Shake it! Dan kedua aplikasi Line kalian akan saling menghubung satu sama lain tanpa mengirim pesan yang tak penting melalui internet.

Jika berhasil, maka contact kalian berdua akan muncul di masing-masing layar hp Line anda, lakukan tap untuk add. Cara lain yaitu dengan scan QR codes masing-masing. Caranya, masuk ke More > Add Friends > QR Code. Kamera anda kemudian akan menyala dan siap untuk melakukan scanning. Tekan tombol bertulisan “My QR Code” di bawah kanan untuk menampilkan kode anda pada teman.

Keep.

 Versi Line terbaru mencakup fitur 'Keep' yang memungkinkan para pengguna menyimpan pesan, gambar, memos, dan konten lainnya yang dikirim melalui Line.

Dengan adanya fitur ini, maka bisa sangat bermanfaat jika digunakan sebagai penyimpanan data untuk mengingat catatan-catatan atau hal penting seperti dokumen yang dikirim boss anda, ide-ide penting yang dibahas melalui Line, kerjaan yang ditugaskan kepada anda, nama restaurant/toko yang direkomendasi ketika sedang ngobrol dengan teman dll.

Caranya, highlight kata/kalimat atau gambar yang ingin anda simpan kemudian tekan 'Keep'. Konten yang di keep juga dapat di-share ke teman Line anda. Fitur Keep menyediakan space sebesar 1GB untuk konten yang anda simpan, namun file diatas 50mb hanya bisa disimpan selama 30 hari.

Album.

Fitur lain yang gak kalah menariknya adalah album. Di Line, kita bisa membuat album di chat room dengan teman Line anda (ataupun di group). Album yang berisikan foto-foto ini bisa diedit, dihapus, atau ditambahkan lagi oleh anda atau teman di chat room tersebut. Jika dialog chatnya terhapus, album ini tidak akan hilang dan bisa ditemukan di menu > albums.

Caranya, buka menu di chat room yang ingin anda bikin album. Klik "New album" untuk membuat album baru lalu upload semua foto-foto yang ingin anda masukkan, jangan lupa berikan nama pada album tersebut kemudian klik "Create Album". Semua member di chat room tersebut dapat me-manage album tersebut.

Timeline Post.

Tidak seperti di BBM, semua status message yang dipost bisa disaksikan oleh semua member dalam friendlist anda. Di Line, tiap post yang anda lakukan bisa disetting untuk siapa saja yang boleh lihat.

Caranya, buat dulu list berisi contact yang ingin anda masukkan contohnya 'Teman satu kelas', 'rekan kerja', 'family', dsb lalu centang list mana saja yang bisa lihat masing-masing post yang anda buat kedepannya.

Caranya, setelah anda selesai membuat post (baik itu upload foto, menulis status message atau artikel) tekan privacy icon lalu pilih list mana aja yang bisa lihat. Jika tidak ada satu list pun yang dicentang maka post yang anda lakukan akan bisa disaksikan ke semua friend list anda.

2 comments:

  1. Kl cara mengembalikan album yg terhapus gmn ya?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sampai saat ini masih belum bisa mengembalikan album yang telah terhapus, jadi hati-hati jika hendak menghapus album anda.

      Delete