Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untuk mengirim data nirkabel di antara perangkat berkemampuan Bluetooth. Ini mirip dengan Wi-Fi karena beroperasi melalui gelombang radio. Namun, Bluetooth dapat bekerja di antara dua perangkat yang diaktifkan dan tidak memerlukan peralatan jaringan tambahan seperti router atau modem, sehingga menjadi pilihan populer untuk mengirim data antara perangkat elektronik dalam jarak dekat. Bluetooth bekerja dalam jarak maksimum sekitar 50 meter antara perangkat, namun rentang itu lebih dari cukup untuk banyak aplikasi elektronik rumahan, mobil, kesehatan, dan konsumen.

Komputer

Saat diintegrasikan ke dalam komputer dan periferal pribadi, Bluetooth dapat menghubungkan laptop atau desktop ke perangkat seperti mouse, keyboard atau speaker tanpa harus menggunakan kabel. Selain itu, Bluetooth dapat digunakan untuk mentransfer file antara dua komputer yang memiliki chip Bluetooth atau mengirim dokumen ke printer nirkabel yang diaktifkan. Jangka pendek Bluetooth membuatnya ideal untuk situasi kantor dengan beberapa perangkat yang diaktifkan dalam jarak dekat, dan teknologinya juga dapat digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke perangkat mobile seperti tablet dan smartphone untuk keperluan kantor.

Rumah dan Mobil

Di rumah dengan perangkat berkemampuan Bluetooth, pengguna dapat secara nirkabel mengontrol pengaturan termostat, alarm, peralatan rumah tangga dan lampu dari lokasi pusat. Untuk hiburan rumah, teknologi ini dapat menghubungkan semua elemen home theater tanpa kabel atau streaming audio atau video dari perangkat mobile atau komputer ke TV atau speaker. Saat Anda sedang dalam perjalanan, Bluetooth juga dapat menghubungkan perangkat yang diaktifkan ke panel elektronik mobil Anda, sehingga Anda bisa menjawab telepon seluler, memutar musik dari perangkat mobile atau mendapatkan petunjuk arah dari perangkat GPS langsung dari layar navigasi mobil Anda.

Kesehatan

Sambungan nirkabel yang dimungkinkan oleh Bluetooth dapat secara otomatis mencatat informasi dari peralatan medis seperti stetoskop, alat pacu jantung atau monitor glukosa ke komputer atau log elektronik, sehingga menghemat waktu dokter dan pasien dan membuat peralatan medis lebih mudah diakses. Peralatan fitness berkemampuan Bluetooth dapat mempermudah pengguna mengikuti rutinitas olahraga, dengan monitor detektor jantung dan pelacak GPS yang secara otomatis melaporkan routes atau kalori yang terbakar ke ponsel cerdas, atau headphone stereo yang memutar musik dari perangkat mobile tanpa kabel.

Elektronik Konsumen

Elektronik konsumen berkemampuan Bluetooth seperti telepon, kamera, televisi, speaker dan headphone mempermudah berbagi data antar perangkat. Telepon selular Bluetooth, misalnya, dapat terhubung secara nirkabel ke headset agar panggilan handsfree lebih mudah atau dapat mengirim gambar ke telepon lain atau komputer. Dalam kasus telepon seluler dengan koneksi Internet, Bluetooth dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi di telepon yang kemudian dikirim melalui Web.

Ada dua teknologi Bluetooth, Basic Rate / Enhanced Data Rate (BR / EDR) dan Low Energy (LE).

cara kerja bluetooth
Poin ke poin
Bluetooth BR / EDR memungkinkan koneksi nirkabel terus menerus dan menggunakan topologi jaringan point-to-point (P2P) untuk membuat komunikasi perangkat one-to-one (1: 1). Streaming audio Bluetooth BR / EDR sangat ideal untuk speaker nirkabel, headset dan peralatan hands-free pada sistim dalam kendaraan.

Energi Rendah (LE)
Bluetooth LE memungkinkan koneksi nirkabel pendek dan menggunakan beberapa topologi jaringan, termasuk titik-ke-titik, broadcast dan mesh.
apa itu bluetooth
  • Poin ke poin
    Point-to-point (P2P) adalah topologi jaringan yang digunakan untuk membuat komunikasi perangkat one-to-one (1: 1). Topologi Bluetooth LE P2P sangat ideal untuk transfer data dan cocok untuk produk perangkat yang terhubung, seperti pelacak fitness dan monitor kesehatan.
  • Broadcast
    Broadcast adalah topologi jaringan yang membentuk komunikasi perangkat one-to-many (1: m). Topologi siaran Bluetooth LE mengoptimalkan pembagian informasi lokal, sehingga ideal untuk solusi suar, seperti informasi point-of-interest (PoI) dan layanan pencarian barang.
    manfaat teknologi bluetooth
  • MeshMesh adalah topologi jaringan untuk komunikasi perangkat many-to-many (m: m). Bluetooth LE mesh topology menciptakan jaringan perangkat berskala besar yang dibuat khusus untuk otomasi bangunan, jaringan sensor, pelacakan aset dan solusi mana pun di mana beberapa perangkat perlu berkomunikasi dengan andal dan aman satu sama lain.
kegunaan bluetooth

No comments:

Post a Comment