Manfaat & Kelebihan Teknologi Bluetooth

Mengingat pertumbuhan dan pengembangan perangkat lunak mobile yang serba cepat, nampaknya ada aplikasi keren untuk hampir semuanya. Banyak pengguna seakan ingin mendownload dan menggunakan semuanya namun smartphone dan tablet memiliki ruang penyimpanan terbatas - hanya perangkat tertentu yang mampu memindahkan file, foto, dan aplikasi ke kartu SD berkapasitas tinggi.

keuntungan manfaat menggunakan bluetooth

Tetapi jika Anda tertarik dengan fitur yang rapi, ada cara untuk mentransfer file secara nirkabel ke perangkat lain tanpa memerlukan aplikasi atau koneksi data / internet.

Bluetooth paling sering disebut berkaitan dengan speaker, headphone, mouse, dan keyboard nirkabel. Namun, protokol ini juga mengandung protokol yang memungkinkan informasi / data dipertukarkan antar perangkat. Betul. Anda telah bisa mentransfer file melalui Bluetooth selama ini dan mungkin bahkan tidak menyadarinya!

Apa itu Bluetooth File Transfer?

Transfer file Bluetooth adalah cara mudah untuk mengirim file ke perangkat Bluetooth terdekat tanpa memerlukan aplikasi terpisah. Jika Anda tahu cara memasangkan headset Bluetooth ke ponsel cerdas, Anda sama-sama dapat mentransfer file melalui Bluetooth.

fungsi teknologi bluetooth
Salah satu kemudahan tentang Bluetooth adalah cara ini tersedia secara universal / kompatibel dengan smartphone, tablet, laptop, dan komputer desktop. Anda dapat dengan mudah mentransfer file melalui Bluetooth antara: OS Android, OS Fire, OS Blackberry, OS Windows, Mac OS, dan OS Linux.

Jika diperhatikan, iOS dan Chrome OS tidak termasuk; Apple memerlukan aplikasi terpisah (misalnya Anda harus menggunakan sesuatu seperti Move to iOS atau Apple AirDrop untuk mentransfer file dan foto dari iPhone ke Android) untuk transfer file nirkabel, sementara yang Chrome OS saat ini belum mendukung file transfer via Bluetooth.

Pada dasarnya, perangkat yang kompatibel dengan transfer file Bluetooth harus memiliki preferensi / pengaturan sistem yang mendukung dan / atau diberi nama "Bluetooth Share" (atau yang serupa).

Mengapa Menggunakan Transfer File Bluetooth?

Ada banyak cara untuk mentransfer file dari smartphone ke smartphone, Android ke Android, atau dari satu platform OS ke yang lain. Meskipun Bluetooth mungkin bukan metode tercepat, namun via bluetooth setidaknya memerlukan paling sedikit persyaratan - tidak ada aplikasi, tidak ada kabel / perangkat keras, tidak ada jaringan Wi-Fi, tidak ada koneksi data 3G / 4G - yang membuatnya cukup nyaman dalam keadaan darurat.

Katakanlah Anda bertemu dengan seorang teman lama saat keluar dan ingin segera berbagi beberapa foto di antara ponsel cerdas. Inilah cara Bluetooth mengalahkan pilihan lainnya.

Kabel Bluetooth vs. USB: Apakah Anda selalu ingat untuk membawa kabel data / kabel USB ponsel cerdas ke manapun Anda pergi? Mungkin tidak. Dan jika Anda membawanya, kemungkinan adalah jenis kabel yang Anda pasang ke port USB standar, bukan ke perangkat seluler lain.

Bluetooth vs OTG Cable: Jadi mungkin Anda membawa kabel data Anda setiap saat, dan Anda memiliki kabel USB OTG (On-The-Go) juga. Ini bisa berfungsi untuk mentransfer file, tapi hanya jika kedua perangkat mendukung USB OTG dan memiliki koneksi yang benar untuk kabel tersebut.

Bluetooth vs. OTG Flash Drive: Ada flash drive yang memiliki konektor ganda untuk digunakan pada komputer dan smartphone / tablet. Ini lebih mudah dibandingkan dengan opsi yang sebelumnya disebutkan di atas, namun kompatibilitas OTG dan konektor antar perangkat masih diperlukan.

Bluetooth vs Hotspot Pribadi: Seseorang dapat menyiapkan dan menggunakan hotspot pribadi (tethering) di iOS atau Android. Namun, tidak semua perangkat memiliki pilihan itu. Dan ini juga tentunya memerlukan biaya berlangganan bulanan melalui operator telepon agar fitur ini bisa diaktifkan. Dan kemudian Anda memerlukan sinyal 3G / 4G yang kuat, yang tidak selalu terjamin (misalnya di dalam struktur parkir, gedung perkantoran, toko Costco, dll.).

Bluetooth vs Portable Media Hub / Hard Drive: Beberapa hub media portabel dan hard drive mampu menyiarkan jaringan nirkabel lokal mereka sendiri agar perangkat dapat terhubung. Namun, perangkat mobile akan membutuhkan aplikasi pendamping produk sebelum dapat terhubung dan mengunggah / mendownload (kecepatan tidak dijamin) file apa pun. Plus, Anda harus selalu ingat untuk membawa drive dan baterai yang penuh.

Bluetooth vs. Wi-Fi Direct: Mentransfer file melalui Wi-Fi direct adalah proses yang sangat mirip dengan file melalui Bluetooth. Tapi Wi-Fi direct tidak sehebat Bluetooth, dan tidak banyak perangkat yang mendukung fitur ini. Dan beberapa perangkat yang mendukung Wi-Fi direct memerlukan aplikasi khusus untuk menggunakannya.

Bluetooth vs. Cloud Storage / Email: Anda tidak salah dalam menyimpan dan mengirim file melalui cloud storage dan / atau email. Namun, pada saat itu, masing-masing perangkat perlu memiliki koneksi data / internet yang cukup kuat untuk mengunggah / mendownload file atau mengakses email. Sekali lagi, internet diperlukan disini.

Bluetooth vs. Aplikasi File Transfer: Jika Anda menelusuri Google Play Store atau Apple's App Store, Anda dapat menemukan banyak aplikasi yang dapat mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain. Namun perlu diingat bahwa beberapa hanya bekerja bila kedua perangkat memiliki aplikasi yang sama, dan beberapa mungkin juga memerlukan jaringan nirkabel atau koneksi data.

No comments:

Post a Comment