Wednesday, July 8, 2009

Bunga Lotus (Bunga Seroja)

Bunga Kelahiran Juli, bunga seroja atau lotus.

Bunga lotus yang mempunyai nama formal Nelumbo nucifera adalah sejenis tumbuhan air tahunan yang berasal dari India dan wilayah sekitarnya. Bunga lotus sering juga disebut dengan ‘water lily’ walaupun mereka berdua dianggap sebagai dua jenis tanaman berbeda. Di Indonesia bunga lotus disebut dengan bunga seroja. Bunga ini juga sering disamakan dengan bunga teratai (nymphaea) karena memang masih satu keluarga.
Tanaman ini biasanya tumbuh dengan tinggi 150 cm, diameter daunnya biasanya mencapai 60 cm dan diameter bunganya 20 cm. Bunga seroja atau bunga lotus ini tumbuh dari lumpur di dasar rawa-rawa atau kolam dan tumbuh tinggi ke atas permukaan air. Tangkainya yang berduri dapat mencegah gigitan ikan, ketika berbunga, tanaman ini mengeluarkan panas pada mekarnya selama 4 hari dan melepaskan sebuah aroma yang menarik serangga tertentu, serangga kemudian terbang ke bunga untuk makan serbuk sari dan nektar. Bunga lotus adalah satu-satunya tanaman di dunia yang berbuah dan berbunga secara bersamaan. Bunga lotus menutup kelopaknya dan tenggelam dalam air setiap malam dan naik lagi pada waktu fajar.

Bunga lotus adalah simbol penting dan banyak digunakan di upacara baik dalam agama Budha maupun Hindu. Sebagian besar dewa dewa agama Budha, Hindu, Cina, Jepang, seringkali digambarkan sedang duduk di atas bunga lotus. Terdapat juga mantra suci yang populer "Om mani padme hum", yang berarti "Mulia permata dalam lotus". Bunga lotus memiliki makna kelahiran kembali dan pencerahan spiritual, mewakili kesucian, umur panjang, kehormatan, kesehatan dan keberuntungan. Bunga lotus sering digunakan untuk meningkatkan penyembuhan spiritual. Bunga lotus dianggap sebagai bunga kelahiran bulan Juli, mungkin karena bunga ini mekar antara bulan Juli sampai Agustus. Bunga lotus juga melambangkan hubungan yang tak terputuskan karena tangkainya yang fleksibel dan tidak mudah patah. Lotus biru dulu amat berkelimpahan dan bunga lotus asli Sungai Nil. Dikatakan bahwa ketika makam Tutenkhamen dibuka, tubuhnya diselimuti dengan banyak bunga lotus biru. Bunga lotus adalah bunga nasional negara Vietnam dan India. Bunga lotus dapat dimakan dan sering ditemukan dalam masakan Asia.

Bunga, biji, daun maupun akar bunga lotus atau bunga seroja ini dapat dimakan. Kelopaknya dijadikan hiasan, daunya yang besar dijadikan bungkusan makanan, akarnya dapat dimakan mentah tapi dengan resiko transmisi parasit dan biasanya direbus dijadikan sop. Benang sari bisa dijadikan teh herbal, bijinya bisa dijadikan salah satu ramuan makanan terkenal Cina yaitu mooncake atau kue bulan.

1 comment:

  1. tapi setau aku bunga lotus atau seroja tidak hanya mekar di bulan juni-agustus ya...

    ReplyDelete