Wednesday, March 11, 2009

Tahun Macan

Macan dalam tradisi Cina

Di Cina, macan adalah simbol kekuatan, keganasan, harga diri, keberanian dan kepemimpinan. Walaupun macan bukan “The King of the Jungle” tetapi hewan yang satu ini telah menjadi bagian dari kehidupan bangsa Cina dalam dunia agama dan dongeng selama berabad-abad. Bahkan nyatanya dulu macan telah dianggap oleh banyak orang sebagai hewan yang memiliki kekuatan magis. Sampai hari ini gambar sepasang macan dan naga sering ditemukan terukir di tembok tembok wihara dan dalam beberapa sub wilayah perkotaan Cina dan Taiwan, patung dewa “Master Tiger” diletakkan di bawah altar dan banyak disembah oleh para pengikutnya. Para penjudi dan orang dalam bisnis pertunjukkan percaya bahwa menyembah Master Tiger ini bisa membawa rejeki dan popularitas.


Kadang juga, dalam sisi lain macan juga dianggap sebagai simbol setan, kehancuran dan bahaya. Salah satu faktor yang membuat orang percaya akan hal ini karena pada jaman dulu di Cina, macan sering ditemukan keluar dari semak-semak dan men-teror desa-desa kecil, dan banyak orang mengagumi dan menghargai para pahlawan yang telah berani hendak melawan harimau-harimau itu dan melindungi warga desa tersebut. Salah satu pahlawan yang paling dikenal adalah Wu Song, yang telah berani mengambil resiko melawan harimau-harimau tersebut dengan tangan kosong untuk melindungi desanya.

Fakta menarik:
  • Setiap ekor macan memiliki sebuah tanda garis yang hampir sama di tiap keningnya, yang jika dibaca dalam bahasa mandarin artinya “Wang” (Raja).
  • Macan liar tidak ditemukan di Afrika, mereka ditemukan hampir di seluruh Asia dan dipercayai berasal dari Cina selatan.
  • Macan tidak berdengkur.

Tahun Macan

Ini adalah tahun yang explosif tentunya. Biasanya diawali dengan ledakan-ledakan dan diakhiri dengan air mata. Tahun yang banyak peperangan, ketidak-setujuan dan bencana dalam hal apapun. Tidak ada yang dilakukan dalam skala yang kecil, semuanya baik ataupun buruk akan diangkat ke kondisi yang ekstrim. Untung dan rugi yang besar bisa terjadi tiba-tiba. Jika anda memutuskan untuk mengambil resiko yang tinggi dalam berbisnis anda juga harus mengerti bahwa rencana bisa mengalir lawan arah.
Orang bisa melakukan hal yang drastis dan dramatis tahun ini. Emosi sedang berkibar sepanjang jalan dan diplomasi harus bekerja ekstra keras lagi. Seperti sifat shio harimau itu sendiri, kita akan cenderung bertindak tanpa berpikir dan akhirnya menyesal di kemudian hari. Persahabatan, perjanjian bisnis, dan kesepakatan sedang dalam kondisi yang rapuh dan gampang pecah.
Keganasan sang harimau tidak diragukan lagi akan menghampiri setiap orang dan mencoba ‘mengacak-ngacaknya’. Tapi dalam semua hal negatif tersebut sebenarnya ada pengaruh bagusnya juga karena sang harimau akan mengeluarkan semuanya tentang siapa sebenarnya diri kita dan membuat kita melakukan segalanya dengan maksimal. Sama halnya dengan menggunakan panas yang intens untuk mengekstrak logam berharga dari bijihnya.

Hongkong adalah salah satu negara yang lahir pada tahun shio macan, 1842 (macan air).



1 comment:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete