Cara Menyimpan dan Mengatur Password di Firefox - Password Manager

cara menyimpan password username firefox
Firefox Password Manager membantu menyimpan username dan password Anda yang digunakan untuk mengakses website-website tertentu dan kemudian secara otomatis mengisi mereka kembali jika Anda balik mengunjungi website tersebut.

Ketika Anda memasukkan username dan password pada sebuah situs web, Firefox akan menanyakan apakah Anda ingin username dan password ini disimpan agar lain kali jika Anda datang ke situs tersebut Firefox akan secara otomatis memasukkannya kembali untuk mempermudah sekaligus menghemat waktu.

Jika Anda mau, klik Remember tetapi jika tidak Anda bisa klik Never Remember Password for This Site atau abaikan saja dengan mengklik area diluar window yang ditanyakan tersebut. Jika Anda berubah pikiran, Anda juga bisa mengubah settingan ini di Firefox Options dan menyingkirkan entri situs dari Security panel exceptions list (daftar pengecualian di panel security).

Untuk melihat semua username dan password Anda yang telah disimpan Firefox, Anda bisa klik tombol Menu – Options – Security Panel – Saved Logins.

lupa password firefox tidak ingat

Untuk melihat password Anda bisa klik Show Passwords. Disana juga terdapat search box yang bisa digunakan untuk mencari nama website atau username yang Anda inginkan. Untuk menghapus username dan password pada sebuah situs, pilih websitenya lalu klik Remove. Jika Anda ingin menghapus username dan password pada semua situs, klik Remove All.

Master Password

Meskipun Password Manager membantu Anda untuk menyimpan username dan password pada hard drive dalam format terenkripsi, orang lain yang menggunakan komputer Anda masih bisa melihat atau menggunakannya. Untuk mencegah ini maka Master Password diciptakan.

Secara default, Firefox tidak mengaktifkan password master untuk melindungi informasi penting. Anda perlu membuatnya dengan cara:

cara menggunakan master password firefox

Klik tombol Menu - Options - Security panel - Use a master password.

Pastikan password yang Anda buat sangat sulit untuk diterka orang lain dan mudah diingat untuk Anda sendiri.

Setelah Anda membuat master password, Anda akan diminta untuk memasukkan master password sekali saja ketika Firefox perlu mengakses simpanan password Anda. Tiap kali Anda restart Firefox, Anda juga akan dimintai untuk memasukkan master password agar Firefox bisa akses ke simpanan password Anda.

Jika Anda ingin menghapus master password:

Klik tombol Menu – Options – Security panel – hapus centang di Use a master password.

Untuk mengubah master password:

Klik tombol Menu – Options – Security panel – Change Master Password.

Usahakan Anda tidak lupa dengan master password Anda. Walaupun Anda bisa me-reset master password jika lupa namun semua username dan password yang disimpan di Password Manager akan ikut terhapus.

Untuk me-reset master password Anda:

Pada Firefox location bar, masukkan URL ini: chrome://pippki/content/resetpassword.xul

Kemudian klik Reset, lalu halaman Reset Master Password akan muncul. Klik tombol Reset.

No comments:

Post a Comment