Thursday, October 22, 2009

Apa itu Google Reader

Google Reader adalah alat yang memungkinkan kita untuk mengikuti blog blog favorit kita dan berita. Sebagai aplikasi berbasis browser alat ini sangat mudah digunakan, anda tidak perlu mendownload software apapun. Yang harus anda lakukan untuk mendapatkan Google Reader adalah membuat sebuah account Google dan kemudian masuk ke Google Reader ( www.google.com/reader )dengan menggunakan username dan password Google anda untuk menikmati fitur tersebut.

Untuk mulai menggunakannya, di halaman utama anda dapat secara manual memasukkan URL blog favorit anda ke dalam kotak "Add a subscription" area, setelah itu klik “Add” dan Google Reader akan mencari feed dari blog tersebut dan memasukkannya ke dalam daftar feed Google Reader anda secara otomatis. Setelah memasukkan alamat alamat URL blog favorit ke dalam Google Reader, maka setiap ada berita baru atau artikel baru dari blog blog tersebut akan dikirim ke Google Reader anda, dan anda pun bisa membacanya dari sana tanpa harus membuka banyak tab atau window untuk mencari blog atau website tersebut dan cek satu-satu. Cara lain untuk mengikuti blog yang anda suka adalah dengan meng-klik tombol "Subscribe To This Feed" yang tersedia pada blog itu.

Google ReaderGoogle Reader mempunyai folder, alat yang umum digunakan untuk mengatur, merapikan dan mengkategorikan sekumpulan situs ke dalam kelompok-kelompok. Untuk menggunakan folder ini anda dapat klik "Manage subscription" di bagian bawah pojok kiri pada halaman utama. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman baru dimana anda dapat dengan mudah membuat dan menghapus folder dan feed dengan mengklik menu di sisi kanan dari setiap feed, serta mengkategorikan setiap feed ke dalam folder. cara membuat folder pada Google ReaderSetelah membuat folder, anda dapat memasukkan feed yang anda pilih ke dalam folder tersebut dengan cara mengklik kiri dan tahan tombolnya sambil menyeret (drag & drop) ke folder yang dipilih. Teknik drag & drop ini juga dapat digunakan untuk mengatur posisi feed atau folder sesuai dengan urutan yang anda inginkan. Angka yang dicetak tebal di samping nama folder adalah jumlah feed baru yang belum terbaca. Anda dapat membuka feed (cerita, berita atau artikel) di Google Reader anda secara “expanded view” (tampilan lengkap, menampilkan beritanya secara full) atau “list view” (tampilan singkat yang terdiri dari judul dan beberapa kata pertama dari setiap cerita) dengan mengklik pilihan tersebut di sudut kanan atas halaman. Jika anda ingin membaca cerita tersebut dari sumber aslinya, anda dapat melakukannya dengan mengklik judul atau dengan menekan "V" pada keyboard Anda.

Jika Anda ingin menemukan postingan tertentu tetapi anda tidak ingat nama situs atau URLnya, anda dapat mencari berdasarkan kata kunci pada Google Reader. Anda tinggal mengetik kata kunci tersebut dan klik "Search" di bagian atas layar. Klik pada "All Items" menu drop-down untuk mencari menggunakan cara yang berbeda, anda dapat mencari artikel atau konten yang anda sudah beri tanda bintang sebelumnya, anda juga bisa mencari berita yang anda telah gunakan untuk berbagi atau yang teman anda gunakan untuk berbagi, dan andapun bisa mencari artikel atau feed yang terdapat di folder tertentu.
cara menggunakan Google Reader
Google Reader juga memiliki fasilitas tagging, ekspor-impor feed, menampilkan Trend statistik dan berbagi atau mengirim feed. Baca disini untuk mengetahui cara mengunakannya.

4 comments:

  1. hebat gan, semua info nya sangat brguna :))
    klo agan mau lburan, mmpir dlu kesini y :P
    http://tourism-indoheaven.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. semestinya google reader menjadi pilihan rss terbaik buat masa kini...

    ReplyDelete
  3. sayang ya gan,google reader mesti ditutup

    ReplyDelete