Friday, October 23, 2009

Cara menggunakan Google Reader

Memberi tag atau menandai feed dengan bintang.
Seperti Gmail, Google Reader juga dapat memberikan tanda bintang untuk menandai postingan dalam maksud tertentu, atau memberikan tag dengan label untuk menyortir cepat dalam melakukan pencarian. Anda bisa tag postingannya dengan mengklik ikon bintang di kiri atas, di samping judul artikel atau klik “Add star” di kiri bawah.

Anda juga bisa tau apa saja yang anda sering baca, bagaimana statistik cara anda membaca atau pola membaca anda dengan mengklik "Tren" pada menu bar di sebelah kiri. Google Reader Trends menampilkan feed anda yang mana saja yang paling aktif. Google Reader Trends ini akan menjelaskan perilaku bacaan anda selama 30 hari terakhir.

Anda juga dapat berbagi dan mengirim cerita favorit anda atau mengirim berita dan artikel yang teman-teman anda mungkin membutuhkannya. Untuk melakukan itu anda dapat klik pada "Email" di bagian bawah feed atau cerita dan kotak untuk menulis surat akan muncul di bawahnya. Anda dapat menyisipkan 1.000 karakter untuk catatan tambahan untuk dikirim bersama dengan feed tersebut. Cara kedua untuk berbagi feed yang menarik dengan account Reader Google lainnya adalah dengan mengklik "Share" link di bagian bawah cerita. Mengklik itu maka secara otomatis akan mempublikasikan artikelnya ke publik blog, anda dapat kapan saja membatalkan centang pada tombol ‘Share’ tersebut untuk membatalkan publikasi itu.

Seperti Blogger, Google Reader juga memiliki fitur ekspor dan impor di mana anda dapat membackup feed anda (ekspor) dan mengirim feed anda dari reader lain (impor). Dua jenis file yang paling umum untuk ekspor adalah OPML dan file XML. Google Reader menerima format OPML, jadi pastikan untuk menyimpan copyan feed anda dalam format tersebut. Untuk menggunakan fitur ini anda bisa mengklik "Settings" di bagian atas pojok kanan, lalu pergi ke "Impor / Ekspor" tab, setelah itu tekan tombol “Browse” dan cari ke tempat anda menyimpan file OPML anda dari reader lainnya untuk di-upload ke Google Reader.

6 comments:

  1. aku masih belum paham....... minta tolong sama warnet ga da yg bisa! gini aja, di dalam kotak atas kan ada tulisan "add a note", itu di isi apa? suka-suka? terus di dalam kotak bawah kan ada tulisan "add tags", nah itu di isi apa? label aja atau apa? klik ikon bintang di kiri atas,dst maksudnya apa?

    ReplyDelete
  2. “Share with notes” yang terletak di bawah feed digunakan untuk berbagi dan anda bisa menambahkan sedikit catatan mengenai feed tersebut (Add a note), boleh diisi apa saja seperti pendapat, opini dan lain2.

    “Add tags” digunakan untuk men-label feed yang anda baca. Misalkan feed yang anda baca adalah mengenai “Cara menggunakan google reader” maka anda bisa memberi tag dengan nama “Google”. Jadi jika anda klik tag Google tersebut semua feed yang anda tandai dengan kata Google atau semua feed yang berhubungan dengan Google akan ditampilkan.

    Jika anda membaca suatu feed dan anda suka dengan feed tersebut, anda bisa “Add Star” (Kasih bintang), nanti ada bintang berwarna kuning muncul pada tiap feed yang anda kasih bintang tersebut. Kalau anda mau mencari feed mana saja yang anda beri tanda bintang, anda tinggal klik “Starred Items” dan semua feed yang anda kasih bintang sebelumnya akan ditampilkan.

    ReplyDelete
  3. nanri manfaad google reader itu apa yaaa....trus cara pasang di blognya gimana yaaa...
    haduh awam bener nih mas bro....

    mampir juga yaa :
    www.marketplus.co.id

    ReplyDelete
  4. manfaatnya anda bisa mengikuti perkembangan update dari situs2 yg anda daftar tanpa harus mengunjungi situs tersebut, semua update yg berasal dari situs2 favorit anda akan dikumpulkan di google reader.

    cara memasangnya anda bisa baca artikel yg telah saya sediakan. anda bisa cari artikelnya melalui mesin pencari diatas. trims.

    ReplyDelete
  5. Nyimak aja dulu,belum mudeng !Nyimak aja dulu,belum mudeng !

    ReplyDelete
  6. artikelnya sungguh bermanfaat gan, , , jadi tau nih apa itu google reader, terimakasih

    ReplyDelete