Saturday, October 31, 2009

Cara Mengetahui Link Dofollow dan Nofollow

Bagi para pejuang SEO baru yang baru saja mengetahui apakah itu Dofollow dan Nofollow akan bertanya pertanyaan yang sama, yaitu bagaimana cara mengetahui sebuah blog atau link itu adalah Dofollow atau Nofollow. Karena untuk menanam backlink pada komentar blog amat disarankan jika link tersebut adalah link Dofollow, maka pertanyaan baru ini pun muncul, dan biasanya blog baru yang baru saja anda buat di setting defaultnya terdapat Nofollow link di bagian komentarnya. Ini dibuat untuk mencegah para spammer yang membabi-buta melemparkan berbagai link dan komentar yang tidak berhubungan.


Ada beberapa cara yang mudah untuk mengetahui apakah blog yang anda kunjungi adalah blog Dofollow atau Nofollow:

Cara pertama yaitu cara yang paling mendasar dan manual, yaitu anda bisa mencari source code halaman tersebut (anda dapat menggunakan short-cut key dengan menekan Ctrl + U pada keyboard atau klik 'View' dan kemudian 'Page Source' pada browser Firefox diatas kiri). Setelah itu halaman source code pun akan muncul, scroll ke bagian komentar blog, anda dapat menekan Ctrl + F dan mengetik nama atau judul komentar pilihan anda dan biarkan browser mencari dan membawa anda ke sana. Setelah itu cari kode Nofollow (rel = "external nofollow") yang terletak di dekat kode link href, jika anda menemukan kode tersebut, itu berarti bahwa blog itu adalah sebuah Nofollow blog. Jika anda tidak dapat menemukan kode tersebut, artinya blog itu adalah Dofollow.

Contoh (Nofollow):
<div><em> on 21 Jan 2009 at 13:11 am</em><small><a href=”#comment-853&#8243; title=”"><span class=”commentnum”>4</span></a></small><cite><a href=’http://www.soscilla.com rel=’external nofollow’ class=’url’>hello</a></cite></div>

Spread Firefox Affiliate Button

Metode kedua adalah menggunakan Firefox Nodofollow plugin. Tentu saja anda harus menggunakan Firefox sebagai browser anda untuk dapat menggunakan plugin ini, plugin ini adalah alat yang berguna yang akan membantu memberitahu anda link mana yang Dofollow dan link mana yang Nofollow pada setiap halaman situs yang anda kunjungi . Nodofollow add on ini akan highlight tiap link yang merupakan Dofollow dalam warna hijau dan highlight tiap link yang Nofollow dalam warna merah pada halaman Web manapun. Untuk mengaktifkan fitur ini, klik kanan pada mouse anda dan klik "Nodofollow" dan biarkan plugin ini melakukan pekerjaannya untuk anda. Anda tidak perlu lagi mencari kode source code halaman Web untuk memeriksa link Dofollow dan Nofollow.

Cara menggunakan Firefox NoDofollow Plugin

4 comments: