Wednesday, September 16, 2009

Cara meletakkan Google Analytics ke dalam Blog

Google analytics adalah alat bantu gratis dari Google yang bisa melacak jumlah pengunjung, dari mana dan melalui kata kunci apa mereka datang ke website atau blog kita. Untuk mendapatkan kode pelacak Google Analytics anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu untuk lalu mendaftar ke Google Analytics.

Untuk mendapatkan kode Google Analytics:

Setelah anda berhasil mendaftar Google Analytics, anda masuk ke https://www.google.com/analytics/ menggunakan email Gmail anda dan password.
  1. Dari halaman pertama yaitu halaman Analytics Settings, anda klik Add Website Profile, (jika sudah ada URL website yang anda cantumkan dan hendak menambah lagi klik Add a Profile).
  2. Isi dalam kotak isian yang muncul dengan nama URL blog atau website yang anda hendak lacak.
  3. Isi bagian Country and Time zone juga, setelah itu klik Finish.
  4. Setelah klik Finish maka anda akan diberikan kode pelacak Google Analytics tersebut, copy kodenya.

    cara mendapatkan kode google analytics

Bagaimana cara meletakkan kode Google Analytics ke dalam Blog:

  1. Masuk ke dalam akun Blogger anda.
  2. Setelah berada di dashboard, klik 'Layout' dan klik 'Edit HTML' maka tempat atau kolom HTML template anda akan muncul.
  3. Scroll ke bawah sampai di akhir template dan letakkan kode analitiks anda sebelum kode penutup body tag, seperti ini: </body>

    Contoh:
    (masukkan kode Google Analytics anda disini!)
    </body>
    </html>

  4. Setelah itu jangan lupa klik Save Changes (Selesai!)
Tips: Untuk mengingatkan anda kode apa yang anda masukkan ke dalam HTML template blog, anda bisa meletakkan kode penjelasan diatas kode tersebut dengan ini:

<!-- Google Analytics code -->


Untuk memastikan kalau anda berhasil meletakkan kode Google Analytics ke dalam blog:

  1. Balik masuk pada akun Google Analytics anda.
  2. Di halaman utama cek status anda, tempatnya ada di bawah kolom Status (di sebelah kanan URL website atau blog anda). Jika terdapat gambar centang hijau berarti artinya "receiving data (sedang menerima data)" alias kode Google analitik anda berhasil disisipkan. Jika terdapat segitiga kuning dan tanda seru di tengahnya berarti artinya "Tracking not installed" alias Google Analytics tidak bisa mendetek kode analitik yang anda masukkan.
  3. Jika tertulis "Tracking not installed" anda bisa klik 'Check Status' dan Google Analyticsnya akan mencoba kembali untuk cek ke blog anda untuk mencari kode tersebut.
  4. Jika berhasil ditemukan tanda centang hijau akan muncul dan status akan berubah menjadi "receiving data" dan jika tidak cobalah copy-paste ulang kode tracking tersebut.
Perlu diketahui bahwa ketika pertama kali berhasil menyisipkan kode Google Analytics biasanya akan memerlukan waktu sekitar 24 jam bahkan lebih untuk bisa aktif bekerja.

Cara meletakkan Google Analytics ke dalam blog

2 comments: