Apa Bedanya Pageviews, Users & Session di Google Analytics

perbedaan pageviews dan sessions
Google Analytics adalah salah satu alat analisis situs web paling populer yang tersedia. Dengan menambahkan sepotong kode ke situs web Anda (atau kalau mau lebih gampang, memasang plugin di situs WordPress), Anda dapat memantau bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman web Anda. Analytics akan memberi tahu Anda berapa banyak pengunjung yang Anda terima, halaman mana yang mereka kunjungi, berapa lama mereka online, dan banyak lagi.

Namun, kekayaan data ini bisa menjadi pedang bermata dua. Dengan begitu banyak informasi, mungkin sulit untuk memahami apa yang Anda lihat. Beberapa istilah yang digunakan Google tidak intuitif, dan dapat menyebabkan kebingungan. Sebagai tanggapan, kami telah menyusun pos ini untuk mengklarifikasi perbedaan antara tiga metrik data paling umum di Google Analytics:

Apa Perbedaan Antara Users (Pengguna), Sessions (Sesi), dan Pageviews (Tampilan Halaman)?

Alasan utama pemilik situs web menggunakan perangkat lunak Analytics adalah untuk mengukur lalu lintas mereka, atau berapa banyak orang yang mengunjungi situs web mereka. Namun, saat Anda menelusuri antarmuka Analytics, tidak selalu jelas bagaimana cara terbaik untuk mengukur trafik atau lalu lintas situs Anda. Ada banyak metrik berbeda yang berkaitan dengan trafik sebuah situs, masing-masing berbeda satu sama lainnya. Tiga besar adalah Users (Pengguna), Sessions (Sesi), dan Pageviews (Tampilan Halaman). Ketiganya mengukur hal-hal yang sedikit berbeda:

Users mewakili individu yang mengunjungi situs Anda. Jika Pengguna yang sama meninggalkan situs Anda dan kembali lagi nanti, Google Analytics akan mengingatnya, dan kunjungan kedua kalinya tidak akan menambah jumlah di Users tersebut (karena mereka telah diperhitungkan sebelumnya).

Sessions mewakili satu kunjungan ke situs web Anda. Apakah pengunjung tersebut mendarat di salah satu halaman web Anda lalu pergi beberapa detik kemudian, ataupun menghabiskan satu jam membaca setiap posting blog di situs Anda, dan itu semua masih dihitung sebagai satu Sessions. Jika pengunjung itu pergi dan kemudian kembali lagi, ini tidak akan dihitung sebagai Users baru (lihat di atas), tetapi ini akan dihitung sebagai Session baru. Session akan "ulang" secara default setelah tidak aktif selama 30 menit atau pada akhir hari kalender.

Pageviews adalah jumlah total berapa kali halaman di situs web telah dilihat. Contoh, satu orang mengklik halaman Anda beberapa kali, analytics akan menghitung setiap kunjungannya sebagai Pageviews yang berbeda.

Bounce rate (Tingkat bouncing) mewakili persentase pengunjung yang memasuki situs dan kemudian pergi daripada terus melihat halaman lain dalam situs yang sama. Oleh karena itu, bounce rate yang tinggi dinilai tidak bagus dan bounce rate yang rendah dinilai sangatlah bagus karena pengunjung menghabiskan waktu yang lama di halaman web tersebut.

No comments:

Post a Comment