Thursday, September 10, 2009

Cara memperlebar halaman blog

Bagaimana cara memperlebar halaman blog pada Blogger cukup gampang tetapi perlu berhati-hati. Biasanya jika hendak merubah lebar halaman blog maka ukuran lebar sidebar dan ukuran lebar halaman konten juga akan diubah karena jika halaman blog dirubah terlalu lebar maka jarak antara sidebar dengan postingan akan terlihat jauh.
Baiklah, langkah pertama anda buka dulu akun Blogger anda, di halaman pertama yaitu dashboard anda klik “Layout” setelah itu klik “Edit HTML” maka anda akhirnya tiba pada halaman kode HTML blogger anda.

memperlebar blog
Sebelum melangkah lebih lanjut, sebaiknya anda membuat copy back-up dulu kode HTML template anda (cara back-upnya anda bisa meng-klik link "Download Full Template" yang terletak diatas kolom HTML), jadi kalau anda salah menghapus atau salah mengganti kodenya anda bisa mengembalikannya seperti settingan semula dengan cara meng-uploadnya kembali copy back-up nya tersebut.

Download back-up copy template
Nah.. apabila sudah selesai langkah langkah diatas sekarang anda mulai cari kode script seperti berikut ini di halaman Edit HTML yang sekarang anda berada;

#outer-wrapper {

Dibawah kode tersebut terdapat width (lebar) yang saya sertakan contohnya di bawah, ganti jumlah lebar width tersebut (angka yang berwarna merah) dengan ukuran yang anda inginkan.

#outer-wrapper {
width: 95opx;

Setelah mengganti ukuran yang anda inginkan, anda bisa melihat sejenak contoh tampilan yang akan muncul sebelum anda memutuskan untuk benar benar mengubahnya, caranya dengan meng-klik "PREVIEW" yang terletak dibawah kolom.
Setelah selesai jangan lupa klik “SAVE TEMPLATE”.

cara memperlebar halaman blog

No comments:

Post a Comment