Friday, December 4, 2009

Apa itu IP Camera

Ip camera adalah camera yang menggunakan internet protokol atau Web untuk mengirimkan data image dan control signal. Data yang dikirimkan berupa format digital melalui koneksi Ethernet. Beberapa IP camera sering ditemukan saling terkoneksi ke digital video recorder (DVR) atau nework video recorder (NVR). Keberadaan IP camera ini sering digunakan untuk video security atau untuk pengawasan demi keamanan. Jika alat ini dihubungkan dengan jaringan komputer, maka video ini bisa dilihat dan dikendalikan dari tempat mana saja anda berada di seluruh dunia.
IP camera ini cuman membutuhkan akses dari Web browser. Tiap unit IP camera dalam jaringan mempunyai alamat unik networknya dan fungsinya masing masing sebagai video server. Ada berbagai protokol berdasarkan jenis kamera, termasuk HTTP dan TCP / IP. IP camera juga disebut dengan IP network camera. Alat ini bisa di install secara individu atau dalam group dan kualitas gambarnya lebih bagus dari analog.

Sebelum IP camera, kebanyakan video security dilakukan pada CCTV (Closed Circuit Television). Sistim ini menggunakan camera analog, video cassette recorders (VCR) dan kabel coaxial.
Ketika CCD (charged –coupled device) sensors masuk, teknologi itu memungkinkan kita untuk mengirim gambar dalam format digital. Hal ini terjadi dengan mengubah cahaya dari gambar ke elektron. Walaupun hal ini membawa industri security analog ke dalam masa generasi digital, gambar yang dikirimkan tetap saja melalui kabel analog ke VCR.
Kemudian saat digital video recorder (DVR) diperkenalkan, alat ini dapat langsung dihubungkan ke camera analog, hal ini bukan saja membuat proses penyimpanan, pencarian dan pengambilan gambar video lebih cepat, tetapi juga menciptakan efisiensi lain.
Ketika personal komputer dihubungkan ke modem dan jaringan diperkenalkan, era baru mulai dalam industri keamanan dan pengawasan.

Tipe IP camera yang paling banyak ditemukan antara lain: fixed dome, fixed body and PTZ camera. Kamera Fixed dome dilapisi dengan penutup yang berbentuk kubah, tipe kamera ini sangat sulit untuk ditebak arah mana yang sedang di monitor. Fixed body adalah tipe kamera yang biasanya ditutup dengan penutup yang berbentuk kotak panjang dan arah yang sedang dimonitor bisa dilihat dengan jelas. Pan, Tilt dan Zoom (PTZ) kamera biasanya digunakan untuk pemantauan langsung, kamera ini bisa bergerak keatas dan kebawah, kekiri dan kekanan bahkan bisa zoom (memperbesar atau mendekati) objek yang sedang dipantau.

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya..
    saya ingin bertanya apa bedanya ip camera dengan cctv biasa?

    ReplyDelete