Saturday, September 26, 2009

Cara backup blog atau backup postingan

Mungkin salah satu hal yang paling penting bagi para maniak Blogger adalah mengetahui cara memback-up blog mereka masing masing, apalagi jika konten atau postnya sudah banyak. Sepertinya tidak ada yang lebih mengecewakan lagi dalam dunia nge-blog jika suatu hari anda masuk ke akun Blogger anda dan menemukan semua isi blog anda hilang. Semua jerih payah yang anda buat pada blog tersebut selama berbulan bulan bahkan bertahun tahun hilang seketika. Alasan hilangnya pun bisa banyak: di hack, terkorup, blog error, terhapus secara tidak sengaja, password dibobol orang dan lain-lain. Dulu membuat back-up pada blog hampir tidak mungkin dilakukan dan jika ada anda mungkin memerlukan jasa software pihak ketiga dan prosedurnya pun melelahkan apalagi jika harus didownload dan diupload satu persatu. Blogger telah berubah banyak dan tiap tahun memperbaiki dan mengembangkan sistimnya dan kini Blogger telah menyediakan fasilitas back up untuk mempermudah hal ini.
Cuman dengan beberapa kali klik dan semua blog anda beserta gambar, link, dan komentarnya pun akan otomatis di back-up dan XML file back-up tersebut bisa disimpan di komputer anda. Jadi sekarang para blogger sudah tidak usah khawatir lagi kalau suatu saat post anda secara tidak sengaja kehapus.

  • Untuk backup blog anda, caranya masuk ke akun Blogger, lalu klik Setting. Pada tab Basic klik "Export blog", sesudah itu pada halaman selanjutnya klik “Download Blog” dan simpan XML file back-up tersebut di komputer anda jangan sampai hilang.
cara backup blog anda
cara membuat backup blog anda
  • Jika suatu hari blog anda bermasalah, anda bisa menggunakan backup file tersebut dengan cara masuk ke Setting > Basic dan kali ini anda klik “Import blog”, klik browse untuk mencari dimana letak file XML back up anda, isi captcha yang diberikan dan setelah itu klik “Import Blog”.
cara export import blog andaFasilitas export import ini juga bisa digunakan untuk memindahkan semua isi blog anda ke blog platform lain seperti Wordpress, Live Journal dan lainnya atau pun sebaliknya.


3 comments:

  1. lagi mencari info yang seperti ini nih, tapi katanya utk file besar sering rusak/error, apa benar?

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini tiap kali export dan import blog sih tidak ada masalah. Biasanya file yang lebih besar dari 1 MB yang dikabarkan sering mendapat masalah karena kabarnya “ sementara batasnya hanya 1 MB, tetapi bug ini akan segera diperbaiki”. Tetapi masih ada solusinya walaupun saya belum pernah mengimport file lebih besar dari 1 MB, yaitu anda bisa cut (potong) file anda menjadi dua yang anda buka pada text editor (atau software lain yang sejenis seperti Crimson Editor), jadi misalkan filenya 2 MB bisa dibelah jadi dua (1mb dan 1mb) dan impor file- file tersebut secara terpisah.

    ReplyDelete