Tuesday, October 27, 2009

Cara membuat FeedBurner RSS

Disini saya akan coba menerangkan sedikit cara mendaftar atau membuat akun FeedBurner. Apa itu FeedBurner saya sudah menjelaskannya pada postingan sebelumnya, anda bisa klik disini untuk membacanya lagi.

  • Untuk membuat account FeedBurner anda bisa pergi ke www.feedburner.com.
  • Masukkan username dan password Google anda pada kotak yang telah disediakan dan klik “Sign in” jika anda belum ada akun Google anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan meng-klik tombol “Create an account” yang terletak di bawah kanan halaman.
  • Setelah anda berhasil masuk pada halaman utama FeedBurner, masukkan alamat URL blog atau website anda yang ingin anda pasang Feedburner pada kotak dibawah tulisan “Burn a feed right this instant” setelah itu klik “Next”.
  • Pada kotak Identify Feed, pilih URL feed yang akan anda gunakan, Atom atau RSS. Setelah itu isi judul feed anda dan alamat feed pada halaman berikutnya (judul dan alamat feed bisa anda ganti kapan saja). Alamat feed anda akan menjadi seperti: feeds.feedburner.com/nama pilihan anda. Alamat ini nanti bisa digunakan untuk mempromosikan feed blog anda.
cara membuat FeedBurner
cara mendaftar FeedBurner
  • Setelah itu anda pun telah berhasil membuatnya. Langkah selanjutnya anda perlu memastikan agar traffic feed blog anda akan dialihkan ke FeedBurner anda. Anda bisa merubah settingan di blog agar default feed blog anda ditujukan ke FeedBurner. Caranya anda masuk ke Blogger anda dulu lalu klik Setting > Site Feed dan masukkan alamat feed yang baru saja anda buat ke kotak yang bertulisan “Post Feed Redirect URL”.
apa itu FeedBurner
  • Jangan lupa klik “Save setting” setelah selesai. Sekarang Blogger anda akan redirect atau mengalihkan semua trafik feed blog anda ke FeedBurner anda.
Bisa dibilang sayang sekali jika anda sudah membuat akun FeedBurner tetapi tidak mengoptimalkannya. Ikuti panduan cara mengoptimalkan FeedBurner anda.

5 comments:

  1. thanks bro infonya. dah tak coba. moga berhasil

    ReplyDelete
  2. mas thanks , nambah ilmu dah dicoba

    ReplyDelete
  3. Kalo pake feedcat bos @_@
    Tolong buatkan tutorialnya juga ^_^ hehe...

    ReplyDelete
  4. gak bisa mas
    kata nya "URL contains illegal characters"
    gmna t?

    ReplyDelete
  5. itu artinya URL tersebut mengandung huruf-huruf yang tidak diperbolehkan. coba ganti aja dengan huruf lain

    ReplyDelete