Wednesday, August 5, 2009

Apa itu PayPal dan Cara Membuatnya

PayPal adalah salah satu metode pembayaran online yang paling banyak digunakan saat ini. Menggunakan PayPal memungkinkan kita untuk membayar atau dibayar secara online tanpa saling memberitahu apapun tentang informasi finansial masing masing. Yang kita lakukan hanyalah berbagi alamat email. Segala informasi tentang data finansial kita disimpan di server PayPal, jadi kita bisa dengan leluasa melakukan transaksi pembayaran kepada penerima atau penjual tanpa harus berbagi informasi finansial pribadi tersebut. Dana yang kita kirim melalui PayPal akan ‘singgah’ di akun PayPal, jika si calon penerima dana tersebut telah memasukan dan verifikasi informasi akun banknya maka dana tersebut akan di transfer ke akun bank miliknya. Jadi yang kita perlukan disini hanyalah alamat email yang valid.


Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

PayPal pada awalnya digunakan untuk pembayaran pada eBay shopping, sekarang PayPal telah berkembang menjadi cara yang popular dan mudah untuk melakukan transaksi pembayaran. PayPal bahkan mengalahkan eBay dalam pembayaran bisnis online dan penggunanya meningkat menjadi 100 juta akun si seluruh dunia. Di tahun 2002, eBay membeli PayPal dengan harga sebesar $1,4 milyar dalam saham. PayPal dibuat pada tahun 2000 ketika dua perusahaan , X.com dan Confinity bergabung untuk mengembangkan program pembayaran email mereka. Sekarang toko toko online telah menerima pembayaran melalui PayPal. Akun basic PayPal bisa didapatkan secara gratis.

Cara membuat akun PayPal mudah dan simple, pergi ke www.paypal.com:
  • Klik “Sign Up” pada halaman home page PayPal tersebut.
  • Pada halaman berikutnya akan ada 3 pilihan jenis akun PayPal yang akan anda gunakan: Personal account (untuk individu yang hanya ingin membeli pada shopping online), Premier account (untuk individu yang hendak menjual dan membeli secara online), dan Business account (untuk pedagang yang menggunakan nama group atau perusahaan).
Apa itu PayPalJika anda bingung anda bisa pilih yang personal account dulu, anda bisa upgrade akun anda di kemudian hari. Business dan Premier account tidak jauh berbeda, perbedaan dasarnya adalah akun Premier bisa di daftar oleh individu, nama bisnis atau group sedangkan Business account hanya bisa diregister oleh nama group atau bisnis. Perbedaan akun Personal dengan akun Business dan Premier adalah akun Premier atau Business memiliki fasilitas menerima ATM/ Debit Card, Mass Payment, Payment Receiving Preferences, Unlimited Credit Card Payments dan Subscriptions. Mereka juga mendapatkan jam layanan pelanggan yang diperpanjang dan program toll-free sedangkan yang Personal tidak.
  • Masukkan data data anda yang dibutuhkan dan klik tombol “Agree and Create Account”.
Cara membuat PayPal
  • Anda juga akan diminta untuk membuat dua pertanyan sekuriti saat melakukan pendaftaran untuk menjaga jaga kalau anda lupa password yang telah dibuat.
  • Setelah selesai PayPal akan mengirimkan email konfirmasi, buka email anda dan klik link konfirmasi pada email tersebut untuk menyatakan kalau email itu milik anda.
Setelah mengkonfirmasi pada email tersebut, akun PayPal anda sudah dapat digunakan. Namun status anda adalah “unverified” pada akun PayPal dan anda bisa melakukan transfer dan menerima uang dengan jumlah yang terbatas. Sebagian penjual tidak menerima dan menolak akun PayPal yang berstatus “unverified”.
Cara verify account PayPal
Cara termudah untuk verify adalah dengan menghubungkan akun PayPal anda dengan rekening bank anda. Dengan cara ini maka akan membuat penjual atau pembeli yang bekerja sama dengan anda merasa nyaman untuk bertransaksi dengan anda. Anda juga dapat menghubungkan akun payPal anda dengan rekening Credit Card anda.

Untuk menghubungkan PayPal dengan rekening bank anda:
Anda memerlukan account dan routing number anda. Klik Profile > Bank Account > Add bank, masukkan data banking anda, konfirmasi dan setelah itu Paypal akan membuat dua deposit kecil ke rekening bank anda dalam beberapa hari. Setelah deposit itu ada, login ke akun Paypal anda, masukkan jumlahnya dan anda telah berhasil mengaktifkan rekening bank anda pada PayPal.

Untuk menghubungkan PayPal dengan Kartu Credit anda:
Anda masuk ke Profile > Add a Card > masukkan informasi kartu anda dan data data lain yang diperlukan. Setelah selesai PayPal akan charge kartu kredit anda sebesar 1,95 dollar untuk membuktikan bahwa kartu kredit tersebut milik anda, jangan khawatir jumlah tersebut akan dikembalikan lagi pada akun Paypal anda. Cara link kartu kredit anda dengan account PayPalCek tagihan kartu kredit anda dalam 2-3 hari dan temukan 4 digit kode yang diberikan Paypal pada tagihan tersebut dan masukkan kodenya pada kolom konfirmasi Paypal, jika anda tidak ada akses online pada tagihan kartu kredit anda, anda harus menunggu sampai tagihan kartu kredit datang (anda diperingatkan untuk tidak menghubungi pihak bank untuk mengetahui nomor kode tersebut, jika terdapat keluhan dari pihak bank terhadap Paypal maka akun Paypal anda akan ditutup). Setelah itu andapun telah berhasil mengaktifkan rekening kartu kredit anda pada PayPal.

Peringatan: hati hati terhadap scam, hacker atau email yang klaim sebagai Paypal dan meminta anda untuk memverifikasi info pribadi seperti password dan lainnya. Jangan klik link yang terdapat di email tersebut.


20 comments:

  1. Bagaimana cara untuk mengetahui alamat email paypal yang kita gunakan? apakah alamat email paypalnya sama dengan alamat email kepunyaan kita? Trims

    ReplyDelete
  2. ketika mendaftar anda diminta utk memasukkan alamat email, alamat email itulah yg akan digunakan utk tiap transaksi paypal

    ReplyDelete
  3. I’m extremely inspired with your writing abilities as smartly with the structure for your blog

    ReplyDelete
  4. apa smua bank besar mau pun kcil bsa di gunakan dlam account paypal?
    Atau hanya bank tertentu saja?

    ReplyDelete
  5. selama bank itu ada kredit card ya bisa :)

    ReplyDelete
  6. Mas klo yang mau dibayar dalam dollar singapura sedangkan rek kita kan Rp...ntar yang konversiinnya pihak bank ato paypal ya?

    ReplyDelete
  7. yang melakukan konversinya pihak bank

    ReplyDelete
  8. setelah berselancar dan mondar mandir kesana kemari...akhirnya tujuan saya tercapai saat melihat blog ini..lebay dah!!!
    saya bingung mas email paypal itu yang mana,,eehhh waktu ampir kesini,dah nemu jawabannya kalo email paypal yah email yang kita gunakan tuk verivikasi itu toh!!makasih banyak mas...

    ReplyDelete
  9. Bos Edy, utk verifikasi paypal ini apakah diharuskan mempunyai credit card?
    kan dalam verifikasi ada 2 pilihan yaitu bank account sama credit card,, kalo pilih yg bank account apakah ujung2nya nanti pake kartu credit juga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melakukan verifikasi Paypal
      hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit dan tidak
      bisa menggunakan akun bank (Indonesia).

      Delete
  10. mas, itu pay pal yan punya negara mana sih ?

    ReplyDelete
  11. Mas..bgmn kita mengetahui atau ciri-ciri terhadap scam, hacker atau email yang klaim sebagai Paypal? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu login dengan url paypal yang resmi, jika di url tersebut ada kejanggalan (beda huruf atau ada angka tambahan) jangan login, dan jangan meng-klik link apapun pada email dari scam/hacker tersebut karena bisa saja spyware.

      Delete
  12. mas kalo cuma rekening bank saja yg kita link dengan akun paypal bisa ga buat transaksi

    ReplyDelete
  13. Mas bleh tahu dalam verifikasi paypal ada 2 pilihan yaitu bank account sama credit card,, kalo pilih yg bank account apakah ujung2nya nanti pake kartu credit juga? Soalnya Credit card sekarang itu ga aman n kadang ada haecknya...klu pke bank account caranya gmn? Oh ya klu sempat mampir juga ke blog-ku di www.worldoflittle.com :D

    ReplyDelete
  14. Untuk melakukan verifikasi Paypal
    hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit dan tidak
    bisa menggunakan akun bank (Indonesia).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak kalo saya sebagai seller, untuk melakukan verifikasi Paypal cukup dengan akun bank aja atau harus dengan Credit Card juga ya pak?trus untuk tau apakah pembayaran sudah masuk atau belum infonya bisa diliat dimana pak atau langsung masuk ke rekening ya?

      Delete
    2. menggunakan cc.
      utk mengecek bisa akses langsung ke paypal, anda juga bisa tau melalui email yg dikabari paypal setelah ada transaksi.

      Delete
  15. thanks infonya, sangat membantu untuk belajar saya, saya coba aplikasikan dengan adsense di blog saya, trims...

    jokniafds.blogspot.com

    ReplyDelete