Wednesday, September 16, 2009

Menghilangkan navigation bar (Navbar)

Apa itu navigation bar? Navigation bar adalah sebuah bar atau garis yang selalu ditemukan pada tiap account Blogger baru. Letaknya diatas halaman dan terdapat fitur antara lain: search box yang digunakan untuk mencari post, link menuju ke dashboard, link login dan menu untuk membuat postingan baru. Kadang warna- warna Navbar (navigation bar) tidak cocok dengan warna paduan blog kita dan Blogger tidak menyediakan pilihan buat kita untuk menyingkirkan Navbar tersebut. Banyak para blogger yang telah menyingkirkannya supaya membuat blog mereka kelihatan lebih professional dan berbeda dengan yang lainnya.
Keuntungan lain dengan menghilangkan Navbar tersebut yaitu anda sudah tidak usah repot repot berpikir warna apa yang sebaiknya di tampilkan pada blog anda untuk mencocokkan warna Navbar yang terbatas itu. Kedua, ketika pengunjung anda klik “Next Blog” pada Navigation bar maka blog anda akan hilang dan blog orang lain berikutnya yang akan ditampilkan pada layar mereka.

Cara menghilangkan navigation bar (Navbar)
Bagaimana cara menghilangkan navigation bar pada blog (sebenarnya tidak hilang, hanyalah disimpan):
  • Masuk ke account Blogger anda dan pada dashboard klik Layout > Edit HTML.
  • Seperti biasa, saya nasehati selalu untuk mem-backup template anda sebelum melakukan perubahan apapun. Kesalahan kecil bisa membuat blog anda menjadi error. Klik “Download Full Template” dan simpan back-up tersebut jangan sampai hilang. Jika tejadi kesalahan dan anda tidak bisa membetulkannya anda bisa selalu upload file back-up tadi dan kembali ke settingan seperti sebelumnya.
  • Sekarang pada kolom HTML, cari kode sebagai berikut:

    /* Variable definitions
  • Diatasnya kode diatas letakkan kode dibawah ini:

    #navbar-iframe {
    display:none;
    }
Klik “Save Template” dan selesai. Lihat apakah Navbar anda telah hilang.



6 comments:

  1. kalau navgar sudah hilang bagaimana cara masuk ke dasbornya..saya baru belajar membuat blog, dan gara2 coba2 untuk ganti template jadinya blog saya error sekarang...navgar jadi hilang dan saya bingung bagaimana bisa masuk ke dalam dasbor..???

    ReplyDelete
  2. anda bisa masuk ke dashboard melalui url utama blogspotnya https://www.blogger.com/start

    ReplyDelete
  3. wah,, bagus ini. kalo navebar hilang, eveknya apa?

    ReplyDelete
  4. efeknya palingan hanya penampilan saja

    ReplyDelete
  5. thx ya
    follow back ya catatanrizkyaburizal.blogspot.com

    ReplyDelete