Friday, December 4, 2009

Apa itu Pembersih Uap (Steam Cleaner) dan Cara Kerjanya Steam Cleaning

membersihkan dengan pembersih uap panas
Steam cleaning, atau membersihkan dengan menggunakan uap panas, merupakan cara yang efektif untuk membersihkan secara mendalam berbagai macam bahan dan permukaan. Walaupun proses ini sering dikira hanya diaplikasikan untuk karpet saja, namun sebenarnya steam cleaning juga bisa dan sering digunakan untuk membersihkan berbagai jenis gorden, keramik, batu-batuan dan perhiasan.

Uap panas atau steam merupakan sumber alami bermanfaat – yang hanya bermodal air biasa, tapi bisa menjadi pembersih yang kuat dan efektif. Diciptakan pada tahun 1927 oleh Frank W Ofeldt, pembersih uap sudah merevolusi sampai dgn cara yang kita pakai saat ini. Tanpa adanya bahan kimia mahal dan berbahaya yang digunakan, membersihkan dengan uap panas ini telah menjadi cara yang aman, mudah dan terjangkau oleh siapa saja. Uap ini juga tidak meninggalkan zat berbahaya pada bahan atau permukaan yang dibersihkan dan karena hanya air saja yang digunakan maka cara pembersihan ini juga berarti ramah lingkungan. Steam cleaning membunuh bakteri-bakteri terkenal seperti e-coli, listeria dan salmonella.

Bagaimana Cara Steam Cleaner bekerja?

Air bersih dituangkan ke dalam suatu kontainer dalam mesin yang kemudian dipanaskan sampai mendidih dan terciptalah uap panas. Uap ini ditransfer melalui selang atau semacamnya yang juga terdapat sebuah tool yang dipasang diujung. Uap ini bisa terus diproduksi sampai air yang ada pada kontainer habis.

Bagaimana Cara Uap Membersihkan?

pembersih uap steam cleanerSangat sederhana. Minyak dan kotoran memiliki zat pelekat yang memungkinkan mereka untuk menempel di hampir semua jenis permukaan. Panas dari uap (steam) mencairkan sekaligus menyingkirkan pelekat tersebut. Setelah mengaplikasikan uap pada suatu permukaan, laplah dengan kain bersih. Panasnya uap tersebut juga sekaligus membunuh kuman kuman berbahaya yang berada pada bahan tersebut.

Namun pembersih uap ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah durasi pengeringannya yang agak lama dan mereka juga tidak bisa diapikasi pada bahan atau permukaan yang tidak tahan panas.

Steam cleaning dapat diaplikasikan pada:
Jendela atau jendela frame, kaca, flooring, karpet, beberapa jenis gorden (harus tanya tukang gorden atau yang men jual gorden nya sebelum mencuci), perhiasan, sepatu, sandal, boot, peralatan masak, perabot metal dan beberapa perabot plastik tertentu, kain, kulit.

Vapor steam cleaner memanaskan air lebih dari 500 º Fahrenheit atau 260 º Celcius. Oleh sebab itu, kita tidak perlu lagi menambahkan zat kimia pembersih lain (walaupun masih juga ada beberapa merek produk yang menambahkannya atau menggabungkannya) dan biasanya suatu permukaan akan kering dalam waktu 15 menit. Ini juga merupakan kabar bagus bagi para penderita alergi karena cara pembersihan ini dapat membunuh jamur, tungau debu, dan virus yang tumbuh berkembang di karpet karpet atau mebel berlapis kain. 

No comments:

Post a Comment