Wednesday, September 16, 2009

Membuat Tag Cloud atau Label Cloud pada Blogger

Tag cloud (atau disebut juga dengan label cloud) adalah penggambaran visual daftar item, atau cara untuk menunjukkan para pembaca blog anda tentang topik yang anda posting itu jatuh pada kategori apa. Tag cloud berupa daftar link yang bisa berubah dalam ukuran, ketebalan dan kadang warna, tergantung pada attribute yang diaplikasi. Tag cloud atau label cloud pada dasarnya digunakan untuk menjelaskan konten website anda dan sebagai menu navigasi. Tag nya biasanya tersusun berdasarkan abjad dan biasanya anda akan menemukan tag cloud ini pada banyak blog di internet.


Membuat tag cloud untuk blog anda sekarang sangatlah gampang, dulu sebelum ulang tahunnya Blogger yang ke 10, membuat label cloud kita memerlukan Javascript atau mengotak katik blog kita untuk dapat memunculkan format tag cloud. Sekarang Blogger telah menyediakan fitur “Label Cloud” yang anda bisa letakkan di sidebar blogger anda tanpa harus menggunakan jasa hack pihak ketiga. Ikuti langkah langkah mudah dibawah ini untuk menambahkan tag cloud pada blog anda untuk meningkatkan keyword tag dan search engine akan menyukainya sehingga memungkinkan untuk membantu ranking situs anda berdasarkan keyword.
  • Login pada account Blogger anda dan klik Layout dari dashboard anda.
  • Pada tab “Page Elements” klik “Add A Gadget” dan akan ada pop-up window yang muncul.
  • Scroll ke bawah daftar pada kotak window tersebut sampai anda menemukan “Labels” dan klik itu.

Cara membuat label cloud pada Blogger
  • Konfigurasi label gadget anda, isi judul sesuka anda, pilih bagaimana untuk menyusun label anda, secara abjad atau frekuensi, tampilkan dalam bentuk daftar list atau label cloud, dan lain- lain.

Perbedaan Tag List dan Tag Cloud (Label Cloud)
  • Klik save jika anda sudah kelar mengkonfigurasinya dan label gadget anda akan otomatis ditambahkan pada blog Blogger anda. Lakukan drag and drop atau tarik gadget tersebut ke posisi yang diinginkan.

5 comments:

  1. thanx infonya...sangat membantu sekali!

    trus kalo mau bikin banner link buat blog gimana caranya ya? thanx :)

    ReplyDelete
  2. seperti biasa mas, gambarnya diupload dolo ke blogger dah itu baru dikasih link ama urlnya

    ReplyDelete
  3. bedanya dengan tag apa ya, kunjungi juga www.creamputih.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Sama aja mas. Tag cloud ya tag juga, cuman bedanya tag cloud itu 'perkumpulan tag yg anda miliki'

    ReplyDelete