Saturday, October 31, 2009

Cara kirim ke Directory Submission

Pada directory submission, website anda akan dicantumkan pada daftar kategori yang mereka miliki. Ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan backlink satu arah demi meningkatkan search engine rangking sebuah website. Lebih banyak backlink yang tertuju ke website anda maka akan semakin tinggi website anda ‘memanjat’ halaman pada search engine. Tentu saja directory yang berbayar akan lebih bagus dari pada yang gratisan karena link yang anda peroleh akan bertahan lebih lama. Directory gratisan biasanya akan menghapus link anda setelah sekitar satu tahun. Tidak ada patokan tertentu berapa banyak direktori yang harus kita daftar untuk sebuah website, anda bisa memasukkan sebanyak banyaknya.


Keuntungan lain men-submit website anda yang baru jadi alias masih baru ke web direktori (jika diterima) akan dapat mempercepat proses ter-index nya oleh search engine. Sedangkan rata-rata website baru yang di upload akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk di-index oleh search engine. Yakinkan untuk memberi “makanan yang cukup” untuk para spider, yaitu submit website anda ke direktori sebanyak-banyaknya, maka akan membuat proses semakin singkat.

Sebelum memutuskan untuk menerima situs anda ke dalam direktori mereka, website anda akan di review dulu oleh para editor. Mereka mengutamakan konten dan kualitas sebuah website, dan mereka sangat selective alias pemilih. Direktori yang bagus biasanya mempunyai persyaratan yang tinggi juga pada situs situs yang mereka peroleh.

Untuk di review oleh editor yang tepat, anda diharuskan untuk submit website anda ke kategori dan ke sub-kategori yang sesuai dan tepat. Asal meletakkan situs ke sebuah kategori akan segera ditolak, mereka tidak akan mem-forward situs anda ke editor kategori lain karena mereka sakin sibuknya mengurusi submission yang tertumpuk. Meletakkan situs anda ke kategori yang kurang spesifik juga akan dihapus. Banyak pemilik direktori saat ini telah ban IP address para pengirim yang telah mengirim website website ke dalam kategori yang tidak berhubungan. Jika IP address telah di ban, maka otomatis kiriman anda tidak akan sampai di direktori mereka walaupun anda telah berhasil meletakkan situs anda ke kategori yang tepat.

Sebelum submit website anda, yakinkan kalau website anda belum tercantum di direktori tersebut karena terdapat direktori yang sebagian orangnya mempunyai tugas untuk mencari ke luar situs-situs yang bagus untuk dimasukkan ke dalam direktori mereka. Baca petunjuk dan peraturan tiap direktori yang anda daftar karena tiap direktori memiliki peraturan yang berbeda beda. Contohnya, sebagian direktori tidak menerima dan langsung mem-filter pendaftaran website dengan web-based email gratisan seperti Yahoo, Gmail, Hotmail dan lainnya. Sebagian direktori juga tidak memperbolehkan trailing slash (/) yang diikut-sertakan pada bagian akhir URL ketika diminta nama website anda seperti "http://elevenmillion.blogspot.com/". Kata-kata seperti "the best", "cheapest", "visit us", "click here" juga tidak diperbolehkan. Tidak semua direktori memiliki peraturan yang sama, masih banyak lagi larangan-larangan yang aneh pada tiap direktori jadi disarankan agar dibaca dulu guidelines nya.

Jangan submit website yang terdapat broken link atau mempunyai masalah navigasi atau masalah hosting. Anda juga tidak diperbolehkan untuk submit situs yang “under construction” alias masih dalam proses pembuatan. Perlu diingat bahwa anda hanya bisa submit website anda ke satu direktori sekali saja, kalau ditolak maka anda bisa cari direktori lain, jadi yakinkan agar website anda jadi dulu sepenuhnya. Submit website berulang kali akan dianggap spam bukan hanya oleh direktori itu sendiri tapi oleh search enginenya juga. Banyak direktori yang melarang software auto-submission, situs anda akan dihapus walaupun sudah diterima tanpa notifikasi atau pemberitahuan, maka hati-hati.

Salah satu web direktori terbesar dan terpopuler adalah Yahoo (dan juga web direktori tertua), tentu saja juga adalah salah satu yang paling susah masuk. Anda punya 2 pilihan di Yahoo: yang gratis dan yang berbayar. Jika menggunakan yang gratis, setelah kirim situs ke Yahoo anda perlu menunggu dan menunggu dan menunggu (untuk situs anda dievaluasi). Kerjaan mereka yang tertumpuk sakin banyaknya maka website anda pun belum tentu akan dilihatnya. Submission yang berbayar biayanya sekitar $299 dan dapat di jamin bahwa situs anda akan di lihat oleh editornya tapi belum tentu akan diterima karena mereka sangat mengutamakan kualitas konten dan situs anda.

Ketika sedang membuat deskripsi pendek mengenai situs anda, masukkan keywords sebanyak mungkin tetapi secara bersamaan meceritakan tentang situs tersebut. Cek berapa keyword yang dapat anda submit, dan bagaimana semestinya formatnya. Kualitas submission juga amat penting karena mereka berperan sebagai indikator terhadap para editor tentang apa yang mereka bisa harapkan sebelum me-review website anda. Itu sebabnya mengapa cara penulisan submission yang benar dan bagus juga mempunyai kesempatan yang tinggi untuk sebuah situs supaya dapat diterima.

Cek email anda (email yang anda gunakan untuk mendaftar ke direktori). Banyak direktori yang tidak akan approve situs anda sebelum anda confirm melalui email. Mereka juga akan membatalkan approval anda dalam jangka waktu tertentu jika anda belum juga confirm melalui email anda. Disarankan juga agar anda membuat email baru yang digunakan khusus untuk mendaftar ke direktori, karena sebagian direktori akan mengirim iklan-iklan atau email promosi lainnya. Anda tidak mau email utama anda dibanjiri oleh email-email tersebut bukan?. Jangan lupa juga bahwa submission anda akan diproses dalam waktu beberapa hari sampai beberapa bulan, jadi bersabarlah.



4 comments:

  1. pencerahan yang berbobot,menambah referensi,trims...infonya..

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas infonya pak...mantabs www.hc-petshop.com

    ReplyDelete