Apa itu SEO, Google PageRank dan Alexa Rank?

Apa itu SEO?
SEO singkatan dari Search Engine Optimization, artinya mengoptimalkan atau membuat website anda atau blog anda sebaik mungkin untuk tampil di mesin pencari dengan posisi teratas dan mendapatkan trafik atau pengunjung sebanyak banyaknya. Caranya pun beraneka ragam seperti
mencari keyword atau kata kunci yang tepat, penggunaan meta tags, mencari backlink sebanyak-banyaknya, ikut social media sites, pasang iklan dan lain lain.

Apa itu Google Pagerank





Apa itu Google pagerank
?
Google pagerank adalah suatu metode yang diciptakan oleh Google untuk mengukur berapa pentingnya suatu halaman website. Diukur dari angka 1 sampai 10, dimana angka 10 adalah yang terbaik. Semakin tinggi pagerank anda maka semakin tinggi juga kemungkinan halaman website anda akan di urutkan terlebih dahulu dalam list pencarian Google. Salah satu faktor yang memperngaruhi pagerank ini adalah jumlah inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) pada halaman web. Semakin banyak inbound link atau link yang menuju situs anda maka akan semakin bagus dampaknya terhadap pagerank anda, apalagi jika yang nge-link ke webpage anda adalah situs besar atau situs penting lainnya maka akan lebih baik dari pada di link sama beberapa situs kecil. Pagerank sering disebut juga dengan PR value. Salah satu cara termudah dan tercepat untuk meningkatkan pagerank adalah mendaftarnya ke web directory, daftar ke situs Google, Bing, Yahoo, Hotbot, Search light, Altavista dan lainnya. Juga dianjurkan jangan sembarang nge-link karena jika halaman situs anda nge-link ke halaman yang memiliki pagerank yang lebih rendah maka akan membawa dampak yang buruk.

Apa itu Alexa Rank




Apa itu Alexa rank
?
Alexa rank adalah sistim rangking milik Amazon.com yang dihitung berdasarkan jumlah trafik atau pengunjung yang datang pada website atau blog anda. Berbeda dengan pagerank, jika angka pagerank makin tinggi lebih bagus, maka kalau Alexa rangking makin sedikit makin bagus. Jadi situs yang memiliki Alexa ranking 1000 lebih baik atau lebih banyak pengunjungnya dari pada website yang memiliki Alexa ranking 1100. Alexa ranking terbaik diberikan dengan jumlah 1. Pada saat ini situs yang memiliki Alexa ranking tiga besar adalah: 1 – Google, 2 – Facebook, 3 – Yahoo. Alexa ranking sebuah situs akan terus berubah setiap saat, karena tidak setiap hari mereka akan mendapatkan jumlah pengunjung yang sama. Untuk memperoleh Alexa ranking yang baik anda disarankan untuk mengoptimalkan website anda, pasang iklan, melibatkan dalam social media site dan meletakkan video di website anda. Anda juga bisa memasang Alexa toolbar dan memasang Alexa widget untuk meningkatkan Alexa ranking anda. Klik disini untuk mengetahui bagaimana cara Alexa Rank bekerja.


1 comment: