Saturday, October 31, 2009

Apa itu Diigo dan cara menggunakannya

Diigo situs bookmark sosialDiigo adalah layanan bookmark sosial. Mungkin banyak dari kalian sudah tahu cara mem-favorit halaman web menggunakan Internet Explorer atau mem-bookmark dengan menggunakan browser Firefox. Di Diigo, layanan ini kurang lebih sama, tetapi bukannya menyimpan URL dalam browser melainkan menyimpannya di internet. Dengan hal ini maka keuntungan dari pengguna Diigo dalam blogging atau web-surfing sehari-hari bisa dikatakan sebagai berikut:


Diigo memungkinkan para penggunanya untuk menyorot teks informasi dari halaman web, meng-highlightnya dan juga dapat membuat catatan pribadi di halaman tersebut. Untuk menjaga semuanya terorganisir, mereka dapat diatur oleh tag atau dengan list (daftar).

Ketika anda highlight atau menyorot kalimat pada halaman web tertentu, hal itu sama seperti ketika anda men-stabilo kalimat pada kertas halaman buku tulis, kata-kata yang dihighlight pada artikel tersebut akan disimpan secara otomatis, jadi kapanpun anda kembali ke halaman yang sama, settingan informasi ini tidak akan berubah.

Diigo juga memungkinkan para browser untuk membuat sebuah catatan (sticky note) yang dapat dilekatkan atau ditempel pada halaman web. Ketika membuat sticky note tersebut, anda bisa memindahkannya di manapun pada halaman Web.

Bookmark yang anda buat akan disimpan secara online (Sama seperti Del.icio.us atau StumbleUpon), berbeda halnya jika anda membookmark halaman web favorit anda melalui browser, list bookmark tersebut tidak akan selalu bersama anda terutama jika anda mengganti atau pindah ke komputer atau laptop lain. Kedua, anda akan kehilangan semua daftar bookmark anda jika sesuatu yang buruk terjadi pada hard drive anda, misalkan rusak permanen. Ketiga, jika menggunakan browser anda untuk mem-bookmark halaman di web, hanya anda sendiri yang dapat melihat apa yang ada dalam daftar bookmark anda. Dengan menggunakan Diigo, pengguna lain dapat melihat apa saja yang terdapat pada daftar list bookmark anda dan begitu juga sebaliknya.

Dengan begitu, maka sesama pengguna Diigo dapat berbagi satu sama lainnya, mereka juga dapat akses ke dalam halaman web pilihan anda, menambah komentar atau opini ataupun melihat highlight atau catatan anda. Semua informasi ini dapat dilihat dari komputer manapun, browser atau ponsel dengan kemampuan browsing. Hal ini bisa terjadi karena informasi yang disimpan secara online. Anda dapat mencari dan mengakses bookmark anda di mana saja, dengan melalui teks lengkap atau dengan tag. Diigo juga memberikan pilihan apakah bookmark yang anda miliki akan di perlihatkan secara umum atau disembunyikan untuk anda sendiri yang bisa mengaksesnya. Bookmark juga dapat disusun berbentuk list.

Ketika pengguna mem-bookmark halaman dengan Diigo, mereka sebenarnya melakukan dua hal: kesatu, URL halaman web tersebut akan disimpan, kedua, gambar cache halaman tersebut juga disimpan. Ini berarti bahwa mereka akan selalu memiliki salinan dari halaman asli termasuk bagian highlight dan catatannya, walaupun jika konten halaman tersebut dirubah atau jika URL tersebut menjadi broken.

Fitur Groups yang terdapat di Diigo juga memungkinkan anda untuk bergabung dengan group dalam bidang yang anda minati, sehingga ketika orang lain dalam group niche anda melakukan bookmark, anda akan diberitahu. Anda juga dapat menciptakan atau membuat grup anda sendiri. Setiap group juga memiliki papan diskusi dimana anggota dapat membuat pengumuman, melakukan percakapan, dll

18 comments:

  1. thanks atas informasinya, sangat bermanfaat sekali !

    ReplyDelete
  2. Sudah mendaftar moga2 dapat mendongkrak blog saya..
    terima kasih infonya ya

    ReplyDelete
  3. cara menggunakannya bagaimana bos tlg infonya
    http://infosinta.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mantaf gan....tambah ilmu....tapi caranya gimana gan?

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas infonya
    bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. makasih mas bro, mantap infonya


    www.gatyaonline.com

    ReplyDelete
  7. Terima kasih infonya tapi masih aja bingung cara gunainnya

    ReplyDelete
  8. Saya juga legi belajar menggunakan ini nih, tapi masih bingung cara pemakainya, di update dong cara pemakainya , thanks

    ReplyDelete
  9. Semoga menjadi backlink bagus sob

    ReplyDelete
  10. akhirnya bisa bookmark my blog di diggo.tank's u dan tulis lagi lainnya dong ! seperti gimana caranya biar situs ku bisa cepet di indeks sama google.

    ReplyDelete
  11. ini yang ane cari mas gan ...hmmm...tidak ada selengkap ini .trimakasih banyak

    ReplyDelete
  12. diigo jarang sekali member dari indonesia udah pernah coba

    ReplyDelete