Saturday, October 31, 2009

Apa itu StumbleUpon?

StumbleUpon adalah media social website yang memungkinkan para penggunanya mengkonsumsi internet dengan cara yang baru dan berbeda. StumbleUpon menawarkan jasa gratis untuk membantu penggunanya menemukan dan berbagi website, foto, video, blog dengan pengguna lainnya. StumbleUpon akan memberi toobar untuk para membernya untuk diinstall pada browser, ketika diinstall anda diminta untuk memilih kategori seputar topik apa yang ingin anda baca atau lihat, setelah anda memilih anda bisa menekan tombol logo StumbleUpon yang ada pada toolbar bagian kiri dan StumbleUpon akan memperkenalkan website- website menarik seputar topik tersebut. Semua daftar situs yang ada dalam database StumbleUpon disaring, disubmit dan direkomendasikan oleh para penggunanya itu sendiri. Jika anda suka dengan apa yang mereka rekomendasikan maka anda juga bisa memberikan rating ‘bagus’ dengan meng-klik tombol ‘thumbs up' (jempol keatas) dan jika tidak suka anda bisa klik ‘thumbs down' (jempol kebawah) dan StumbleUpon akan tau untuk tidak menampilkan website seperti itu lagi dan belajar apa yang anda suka dan yang anda tidak suka.
Halaman web yang anda 'thumbs up' atau jempolkan akan disimpan pada daftar list favorite pada account anda.

Apa itu StumbleUponDengan cara seperti ini maka sistimnya akan meng-eliminasi situs- situs yang tidak berkualitas sehingga tidak perlu dimunculkannya lagi. Jika terdapat banyak orang yang klik ‘thumbs up’ (jempol keatas) pada website anda, maka akan membuat situs anda akan semakin sering dimunculkan untuk pengguna- pengguna lainnya saat mereka menekan tombol stumbling untuk browsing di StumbleUpon. Ini juga berarti StumbleUpon mampu membantu meningkatkan trafik pada situs anda. Semakin banyak orang tekan tombol ‘thumbs up’ pada website anda, semakin banyak pula trafik yang anda dapatkan dan semakin bagus juga dalam segi SEO.

Membuat account StumbleUpon mudah dan gratis. Seperti social media website lainnya seperti Digg, Reddit, Propeller, Mixx, Facebook dan lain lain, pengguna bisa membuat profile dengan bio dan personal data dan bersosialisasi dengan pengguna StumbleUpon lainnya. Banyak artikel online sekarang telah menyediakan tombol logo StumbleUpon dibawah postingan untuk memungkinkan pembaca add artikel tersebut pada account mereka dengan hanya melakukan beberapa kali klik. Artikel StumbleUpon dan konten lainnya dibagi menjadi 500 kategori, ini membuat penerbit konten lebih mudah menemukan target pembaca mereka.


9 comments:

  1. Boleh kah submit entry yang non-english di stumble upon?

    http://piebenhaezer.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. oo jd sperti tu ya!!
    pastas saja statistik blog ane byk yg dr stumbleupon!!
    thax infony gan!!

    mmpir gan!!
    http://apps--computer.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. gan, apakah kalau situs kita bnyk yg ‘thumbs down" maka situs kita akan di hapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak orang thumbs up maka akan semakin besar halaman web anda memperoleh rekomendasi dari sistem algoritma StumbleUpon, dan begitupun sebaliknya.

      Delete
  4. terima kasih ya mas.. aku baru mendaftar di stumbleupon

    ReplyDelete
  5. masih belajar pake socmed ini ,,
    mudah2an bisa :)
    trims infonya

    ReplyDelete
  6. stumbleupon bisa jadi filter kualitas ya gan...

    ReplyDelete