Saturday, August 1, 2009

Cara Meletakkan Gambar di Email Yahoo

Mungkin bagi yang sering mengirim email dalam keperluan sehari-harinya sudah tau cara melampirkan gambar atau foto ke dalam email, yaitu dengan menekan tombol ‘Attach Files’ pada halaman Compose Mail di Yahoo, browse ke tempat dimana gambar itu diletakkan dan otomatis Yahoo akan meng-upload gambar tersebut. Tetapi dengan cara seperti itu si penerima harus download lagi untuk melihat gambarnya, tidak bisa melihat isi suratnya beserta gambarnya secara bersamaan, itu salah satu kekurangannya. Memunculkan gambar bersamaan dengan isi suratnya atau kontennya akan terlihat lebih praktis dan elegan.


Untuk melakukan itu, gambar atau foto yang ingin ditampilkan harus di simpan pada web server terlebih dahulu. Anda bisa upload foto tersebut ke hosting image servis gratis seperti Picasa Web album, Photobucket, ImageShack atau image hosting lainnya, ataupun bisa juga dengan menyimpannya di web hosting sendiri. Dari sana barulah anda bisa menariknya ke dalam email, tapi pastikan anda menggunakan rich text editor.
  • Pertama tama buka foto onlinenya terlebih dulu di tab atau window lain.
  • Kemudian highlight gambar tersebut menggunakan mouse dan tekan Ctrl + C (copy). Kalau klik-kanan pada gambar tersebut kemudian ‘copy image’ tidak akan bisa di Firefox, mungkin di Internet Explorer bisa tapi kalau di browser Firefox harus di blok/ highlight terus di copy.
  • Setelah itu pada halaman Compose Mail di Yahoo letakkan kursor mouse anda di tempat dimana anda ingin menampilkan gambar tersebut. Tekan Ctrl + V (paste) fotonya disana dan otomatis fotonya akan segera muncul. Anda bisa melanjutkan untuk menulis setelah atau sebelum gambar tersebut, kalau sudah selesai barulah tekan Send.
  • Selain menggunakan copy-pasting anda juga bisa menggunakan drag and drop sebagai cara alternatif.
Anda bisa meletakkan banyak gambar di email tersebut tapi perlu diketahui makin banyak grafik yang anda sertakan maka makin besar pula size email tersebut. Disarankan agar email anda tidak melebihi 10 Mb (megabytes).

cara meletakkan gambar di email YahooGambar diatas menggunakan cara drag and drop (klik gambarnya, tekan dan tarik lalu lepaskan di halaman email).

1 comment: