Monday, September 21, 2009

Cara menggunakan Google Picasa Web Albums

Banyak para blogger tidak tau kalau setiap gambar atau foto yang mereka upload ke blog sebenarnya semuanya itu disimpan di Picasa Web Albums. Program Google Picasa ini menyediakan tempat sebesar 1 GB untuk setiap akun yang kita buat untuk menyimpan dan berbagi gambar yang kita upload. Di Picasa Web Albums kita bisa melihat semua gambar atau foto kita yang terdapat di blog.

Cara menggunakan Picasa Web Albums



Bagaimana cara menggunakan Google Picasa Web Albums:
  • Masuk ke Picasa Web Albums dengan menggunakan akun Gmail anda.
  • Upload foto anda melalui tombol software’s “Web Album” atau melalui web browser biasa anda. Anda akan disuruh membuat atau memilih album untuk mengkategorikan foto dan gambar yang hendak disimpan.
  • Jika anda memilih pilihan ‘unlisted’ pada foto album anda, maka yang bisa melihat isi foto album tersebut adalah orang yang menerima tawaran anda.
  • Anda bisa mulai berbagi dengan teman teman anda foto foto tersebut, pilih album mana yang akan anda perlihatkan. Daripada upload foto anda satu persatu ke email dan mengirimnya, akan lebih mudah jika anda membuat link untuk foto anda, album anda atau bahkan link untuk semua galeri online anda jadi teman anda bisa melihat semuanya dengan lengkap.
  • Jika teman anda ‘share’ albumnya dengan anda, anda bisa men-download semua album dia ke dalam Picasa anda.
  • Anda juga bisa membuat judul dan memberi komentar pada foto anda atau foto teman anda. Jika anda telah memberi judul pada foto anda di Picasa maka setelah diupload ke web judulnya akan sama. Judul dan komentar foto dan gambar yang diberikan di Blogger dan di Picasa Web Albums akan terlihat di masing-masing tempat.
Untuk meng-optimalkan SEO pada gambar anda, anda bisa tag dan aktifkan ‘public display’ gambar anda di Picasa Web Albums. Biasanya gambar gambar yang diupload ke Picasa Web Albums akan di ‘unlisted’ dan anda harus mengubahnya dulu. Anda bisa mempublikasi gambarnya dengan cara masuk ke album > Edit > album properties > pilih ‘public’ dan klik save. Anda juga bisa memberi label pada gambar di album untuk meningkatkan SEO.


11 comments:

  1. thanks sobat, saya sebenarnya masih lom begitu memahami tentang picasa web ini, tapi mungkin saya bisa mencoba dan belajar dari sini, langsung belajar aja dech.. thanks

    ReplyDelete
  2. makasih bro,...bingung tadi,tapi setelah dapet pencarahan dari mas bro aku bisa,..heee,...matursuwun banget..

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya mas bro... jadi bisa delete foto yang udah ga kepake di picasa..

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya gan, visit back ardikars.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. mantapz gan tips nay untuk memanfaatkan picasa,mudah mudahan banyak yang bisa mendapatkan pencerahan dengan artiekl agan ini. siiiipppp

    ReplyDelete