Sunday, November 1, 2009

Cara Membuat Domain Email Pada Hosting Cpanel Anda

Sebelum memberitahu cara membuat domain email, saya jelaskan dolo apa itu domain email. Domain email adalah email yang dibuat atau diperoleh dari domain hosting Cpanel anda – jadi jika website anda namanya websiteku.com maka anda bisa membuat email seperti emailsatu@websiteku.com, emaildua@websiteku.com, dsb. Email email ini lebih memberi kesan profesionalisme daripada anda memakai email emailsatu@gmail.com atau emailsatu@yahoo.com karena email email gratis tersebut sudah common atau banyak dipakai orang.

Jika anda perhatikan masih banyak para website master yang masih belom tau cara membuat domain email, bisa dilihat di halaman contact mereka email email yang tertera disana merupakan email gratis seperti gmail, hotmail, yahoo, aol, dll padahal domain email sendiri gratis yg artinya sudah termasuk dalam biaya hostingnya tersebut.

Membuat domain email amatlah mudah, domain hosting berbayar anda seharusnya menyediakan fasilitas gratis ini. Anda bisa membuat beberapa domain email pada web server anda (jumlah akun yg diperbolehkan tergantung pada paket domain hosting ataupun service provider anda).

  • Untuk memulainya anda login dolo ke control panel (Cpanel) di hosting server lalu klik Email Accounts.

cara membuat domain email pada hosting cpanel anda

  • Setelah itu pada halaman selanjutnya ketik alamat email yang anda inginkan pada kotak isian yang disediakan lalu ketik juga passwordnya dua kali pada kotaknya masing masing.

cara membuat email di domain hosting berbayar


  • Kalau sudah selesai, klik tombol “create” atau “save” dan domain email anda yang barupun sudah jadi :)

  • Untuk akses ke domain email, anda bisa kembali ke halaman utama Cpanel pada hosting server anda lalu ketik Webmail. Cara lain untuk masuk kesitu adalah dengan mengetik nama domain anda di browser lalu diikuti dengan “/webmail”. Contoh: http://domainsaya.com/webmail. Sesudah itu masukkan usernamenya (email address anda) dan password yang baru saja anda buat.

bagaimana cara akses ke webmail atau domain email


  • Setelah itu klik “Go to Webmail Login” dan pilih SquirrelMail pada halaman selanjutnya. Anda punya 3 program online berbeda di Cpanel yang anda bisa gunakan utk akses ke webmail, semuanya sama saja, tapi kali ini anda bisa memilih SquirrelMail untuk tutorial ini. Setelah mengklik ikon tersebut anda akan dibawa ke inbox domain email anda yg baru dan dari sini anda bisa mulai menggunakannya.

bagaimana cara masuk ke webmail domain email

1 comment:

  1. Hosting gratis memungkinkan kita membuat website tanpa keluar biaya sedangkan hosting berbayar, sesuai dengan namanya, berlaku sebaliknya... fasilitas hosting berbayar

    ReplyDelete