Apa Itu Kegunaan Cloudflare dan Cara Kerjanya

Cloudflare bisa dibilang merupakan jasa sebagai proxy agar menghubungkan pengunjung dengan website anda. Dengan kata lain, Cloudflare adalah tempat alternatif dimana pengunjung bisa terhubung ke website server anda. Cloudflare banyak digunakan juga karena bisa mempercepat waktu loading website ketika dikunjungi oleh pengunjung. 

Berbicara tentang pengunjung, tahukah anda bahwa pengunjung bisa terdiri dari 3 hal, yaitu pengunjung yang diinginkan (manusia), robot dan perayap (program yang diperintahkan untuk mengunjungi situs demi tujuan tertentu), dan attackers (pengunjung baik itu manusia maupun robot/program yang bertujuan merugikan situs tersebut). 

Dengan memakai Cloudflare, secara otomatis nameserver akan mengikuti nameserver dari jaringan Cloudflare. Oleh karena itu, ini akan membuat segala aktivitas di website tersaring namun bisa diakses dengan waktu yang lebih cepat. 

Berikut manfaat menggunakan Cloudflare:

Mencegah aktivitas berbahaya di website, karena semua permintaan akses akan diterima Cloudflare dan selanjutnya akan dianalisa terlebih dahulu apakah pengunjung ini berbahaya atau tidak. Bahaya atau tidaknya bisa ditentukan dari alamat IP, seberapa sering website anda diakses, sumber yang diakses, dan lainnya. Jika aktivitas ini dinilai sebagai ancaman maka Cloudflare akan memblokirnya, dan tentunya anda bisa melihat semua laporan ini di dashboard Cloudflare.

Menghampiri pengunjung dari data center terdekat. Ini dikarenakan server proxy yang dimiliki Cloudflare tersebar di sejumlah negara. Dengan mengarahkan visitor website menuju server yang paling dekat maka akan mempercepat waktu serta loading website. Pengunjung website juga akan diarahkan ke koneksi yang tercepat.

Dengan menggunakan data dari pihak ketiga, Cloudflare juga berfungsi menyaring komentar spam yang ada di website anda. 

Memungkinkan visitor agar tetap bisa menyaksikan konten website anda pada mode offline meskipun ketika hosting anda sedang mengalami gangguan. Cloudflare disini berperan sebagai cache konten yang statis untuk sebuah website misalkan gambar, javascript, CSS, dan sebagainya. Pada saat memakai Cloudflare, halaman website anda sudah terdapat di dalam cache ClouFlare.

Memberitahu pengunjung warning atau peringatan bahwa komputernya sedang terinfeksi virus. Pengunjung ini biasanya akan diminta agar memasuki Captcha ketika melakukan akses ke situs anda. 

Membuat laporan atas segala aktivitas pengunjung termasuk apakah pengunjung tersebut adalah manusia ataukah robot dan sebagainya. 

Bagaimana Cara Kerjanya

Seluruh akses yang dilakukan pengunjung ke website anda semuanya akan melalui Cloudflare terlebih dahulu. Kemudian Cloudflare akan melakukan tugas tugasnya disana seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

cara kerja cloudflare


No comments:

Post a Comment