Apakah Huruf Besar Kecil Pada URL Mempengaruhi SEO

cara buat url yang bagus tepat
Baru-baru ini banyak sekali situs web lama di internet yang menggunakan huruf kapital (huruf besar) di URL mereka. Apa yang dimaksud dengan ini? maksudnya adalah alamat halaman web yang baik seharusnya adalah "http://www.example.com/about", namun banyak yang menyisipkan huruf besar seperti "http://www.example.com/About". Sebenarnya sangat disarankan selalu menghindari penggunaan huruf kapital di URL Anda. Inilah sebabnya:

Server Menangani Kapitalisasi Secara Berbeda

Jika situs web Anda menggunakan server Windows, maka www.example.com/about akan dianggap persis sama dengan www.example.com/About. Server Windows tidak peka huruf besar-kecil. Namun jika situs web Anda di-host di Linux, maka kedua alamat tersebut akan dilihat sebagai dua halaman yang berbeda. Itu berarti bahwa satu akan mengembalikan halaman yang benar, dan yang lain akan memunculkan halaman 404 page not found. Jadi, jika Anda awalnya meng-host di server Windows lalu pindah ke server Linux, maka situs web anda akan mengalami banyak kekacauan, akan banyak halaman yang tampil error. Selain itu, jika Anda menggunakan huruf besar untuk URL Anda di server Linux, pengguna akan mendapatkan halaman error jika mereka mencoba memasukkan atau melakukan paste url dengan semua huruf kecil untuk mengakses halaman anda.

Memiliki Dua URL yang Tertuju ke Halaman yang Sama Tidak Baik untuk Search Ranking

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya server Windows akan memperlakukan www.example.com/about sama dengan www.example.com/About. Ini berarti bahwa meskipun URL berbeda, mereka mengarah ke konten yang sama. Mesin pencari menyebut konten ini sebagai duplikat dan menyarankan Anda untuk menghindarinya jika memungkinkan. Kerugian terbesar adalah bahwa Google akan melihat dua URL ini sebagai halaman terpisah dan membagi "link juice" untuk kedua URL tersebut. Ini menyebabkan halaman Anda memiliki rangking lebih rendah dari yang seharusnya.

huruf besar kecil link seo
Selain dikenal sebagai halaman yang berbeda, URL dengan huruf besar juga kemungkinan akan dilaporkan secara terpisah oleh Google Analytics dan, sebagaimana disebutkan di atas, mungkin berakhir dengan halaman 404 Page Not Found pada server yang salah.

Apa cara yang paling tepat untuk menangani ini? Gunakan pengalihan 301 (redirect 301) untuk memastikan pengguna dapat melihat setiap halaman hanya melalui satu URL.
Cara lain mungkin menggunakan canonical tags, namun sebisa mungkin tidak menggunakan cara ini jika bisa menggunakan 301 redirects akan lebih bagus dan efektif. Jika tidak ada pilihan lain, maka menggunakan rel=canonical untuk mengarahkan ke halaman dengan url huruf kecil akan lebih baik daripada tidak ada cara lain sama sekali.

Cara terbaik untuk menghindari masalah di atas adalah dengan menggunakan huruf kecil di seluruh situs web Anda. Pengunjung-pengunjung halaman situs biasanya akan memasukkan alamat web dengan huruf kecil semua, selain itu URL tersebut tidak akan merusak peringkat pencarian Anda.

No comments:

Post a Comment