Cara Mempercepat Artikel di Index Oleh Google

Menulis artikel secara rutin tentunya merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan agar website anda naik dalam peringkat mesin pencari Google. Jika anda merupakan blogger atau internet marketer maka kemungkinan besar anda sudah tahu mengenai hal ini. Namun seberapa bagus dan menariknya artikel anda jika tidak terindex oleh Google maka kerjaan anda akan sia sia karena halaman anda tidak akan terbaca oleh pengunjung melalui mesin pencari Google. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips dan trik untuk membuat website anda lebih cepat di index Google:

Menggunakan Google Console:

Alasan mengapa perlu daftar atau submit artikel anda ke Google Console ialah karena saat ini Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet. Kunjungi link nya dan anda bisa daftar melalui link ini:

https://search.google.com/search-console/about

Silahkan login dengan menggunakan akun Gmail anda, jika anda menggunakan Blogger untuk artikel anda maka bisa login dengan menggunakan email akun Blogger tersebut.

cara membuat artikel di index google

Jika telah tiba di halaman dashboard Console, klik +Add property, kemudian pada 'URL Prefix' masukkan URL situs anda dan klik 'Continue'.

cara index website dengan cepat

Setelah itu Google Console akan mengecek apakah situs yang anda daftarkan merupakan situs milik anda. Google Console akan memberikan anda HTML Tag yang perlu anda (sebagai pemilik situs) sisipkan ke template situs setelah <head>. Cara lainnya untuk melakukan verifikasi bahwa itu adalah situs anda yaitu dengan mengupload file HTML script yang diberikan Console dengan ekstensi .html ke server hosting anda.

Submit Artikel

Jika sudah berhasil melakukan verifikasi, anda bisa mulai copy/ salin URL halaman artikel yang baru anda posting dan masukkan ke kolom submit pada bagian atas Google Search Console. Setelah itu tekan Enter lalu pilih 'Request Indexing' dan tunggu sampai prosesnya selesai. 

cara menggunakan google console

Untuk mengecek apakah submit anda berhasil bisa dengan meletakkan URL yang anda masukkan ke Google Search, jika muncul maka Submit URL anda berhasil.

Menambahkan Sitemap

Sitemap atau sering juga disebut sebagai "peta situs" gunanya untuk mempermudah robot crawler spider Google agar mengunjungi website anda dan mengindex nya. Yang perlu anda submit sitemap nya ke Search Console hanyalah beberapa seperti author, category, page, post dan tag. Berikut ini cara melakukan submit sitemap anda:

cara submit sitemap ke google console

Di halaman utama Google Console, pilih dan klik 'Sitemap' yang lokasinya berada di kiri tengah halaman. Setelah itu silahkan masuki URL sitemap yang anda inginkan lalu lakukan verifikasi hingga berhasil. 

Untuk melakukan submit sitemap Blogger yang memiliki post atau artikel tidak lebih dari 500 artikel bisa dengan menggunakan script ini: 

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 (disisipkan setelah nama URL anda)

Jika halaman artikel anda melebihi jumlah 500 maka bisa mengguanakn script ini:

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=1000 (disisipkan setelah nama URL anda).


atom.xml? redirect = false & start-index = 1 & max-results = 500

start-index = 1: Mengacu pada jumlah awal posting

max-results = 500 mengacu pada batas jumlah posting di peta situs tersebut.

Jika Anda memiliki 4000+ posting di blog Anda, bikin peta situs dengan cara di bawah ini

  • peta situs 1: dari 1 hingga 500
  • peta situs 2: dari 501 hingga 1000
  • peta situs 3: dari 1001 hingga 1500

Anda tidak perlu melakukan update indexing lagi jika melakukan postingan baru apabila jumlah batas postingan belum melampaui jumlah sitemap yang anda submit, jika artikel selanjutnya sudah melampaui maka barulah anda perlu melakukan update. 

Untuk plugin SEO seperti Yoast SEO (jika anda menggunakannya), sitemap ini sudah ada tinggal di submit URL aja ke halaman Console. 

Yakinkan semuanya tersubmit dan statusnya sukses. 


No comments:

Post a Comment