Tuesday, September 15, 2009

Cara meletakkan emoticon di Blogger

Dalam blogging, salah satu fasilitas yang banyak diminati orang dan tidak tersedia di Blogger itu sendiri adalah dapatnya menggunakan emoticon, mungkin ke depannya Blogger akan meng-update perkembangannya dan menyediakan fasilitas yang satu ini dan mungkin juga tidak hehe (gak tau deh pastinya). Tapi untungnya di dunia internet selalu ada aja cara alternatif untuk membuatnya, berikut caranya:

Apa itu GreaseMonkey? GreaseMonkey adalah sebuah add on untuk Mozilla Firefox. Sebuah extensi pihak ketiga Firefox yang membiarkan pengguna untuk merubah cara halaman web bertampil atau berfungsi dengan menggunakan script (disebut juga userscript) yang dijalankan setiap kali anda berkunjung ke halaman tersebut. Scriptnya tersebut sebenarnya tidak mengubah tampilan website aslinya tetapi mengubah cara Firefox berinteraksi dengan HTML halaman web tersebut. Dengan menggunakan GreaseMonkey, anda bisa menciptakan script sendiri yang akan mengubah website sebelum website itu loading ke sistim. GreaseMonkey digunakan untuk berbagai hal: untuk membetulkan error, menyingkirkan informasi yang tidak diperlukan, menanamkan fitur pada website dan menyatukan data dari 2 halaman. (ya..itu semua juga salah satu keunggulan Firefox dibandingkan Internet Explorer).
  • Selanjutnya, install emoticon GreaseMonkey script. Anda bisa klik Disini untuk men-downloadnya.
Jika sudah selesai anda semestinya sudah bisa menggunakan emotikon emoticon tersebut dengan cara meng-klik emotikonnya yang ada di toolbar compose mode. Yang menggunakan fitur “Read More” hati hati karena scriptnya mungkin akan mengubah tag anda.

Cara meletakkan emoticon di Blogger
Cara membuat emoticon di Blogger
  • Jika anda hendak menyingkirkan garis tepi atau border yang ada pada emoticon tersebut, caranya pergi ke Layout dari dashboard anda, lalu klik Edit HTML dan sisipkan kode berikut:

    img.emoticon {
    padding: 0;
    margin: 0;
    border: 0;
    }

    Letakkan kode script diatas sebelum kode script yang ada dibawah:

    ]]></b:skin>

Selesai.


No comments:

Post a Comment