Saturday, August 1, 2009

Cara membuat folder pada email.

Yahoo,
Jika anda menerima banyak surat email yang tersimpan di inbox anda, kadang ada beberapa surat email yang anda hapus setelah membacanya dan kadang ada beberapa surat email yang anda ingin simpan untuk dilihat kembali di kemudian hari entah karena surat itu penting, menarik atau menyimpan kenangan tertentu. Nah..jika surat surat email yang anda simpan makin hari makin banyak dan ada kalanya jika anda ingin melihat surat email yang anda maksud maka anda harus mencari satu-persatu di setiap halaman yang ada. Untuk mempermudah hal tersebut anda bisa membuat beberapa folder untuk menyimpan surat-surat email tersebut dan memasukkannya sesuai dengan kategori atau kelompok-kelompok tertentu, misalnya folder A untuk menyimpan surat2 email dari teman, folder B untuk menyimpan surat2 email dari kantor dan folder C untuk menyimpan surat2 email dari keluarga atau famili.

Caranya cukup mudah yaitu anda login dolo ke email anda setelah itu klik “Add” pada kolom My Folder, setelah itu akan ada muncul kolom pop-up dan anda isi pada kolom tersebut dengan nama folder yang anda inginkan dan klik OK.

Atau cara kedua anda bisa klik “Edit” pada kolom My Folder di halaman utama email anda, setelah itu akan muncul halaman Folders, di sebelah kiri ada kolom Add Folder dan anda isi dengan nama folder anda sesuai dengan keinginan anda dan klik Add. Folder baru anda akan muncul di kolom sebelah kanan.

Untuk merubah nama folder tersebut atau menghapusnya anda bisa meng-klik tulisan “Rename” (merubah nama folder) atau klik tulisan “Delete” (menghapus folder) yang berada di dalam tanda kurung di samping nama-nama folder. Anda bisa membuat sebanyak 200 folder.

Gmail,
Gmail tidak menggunakan folder untuk meng-organisasi email, tetapi menggunakan label seperti halnya Blogger meng-organisasi postingannya. Jadi jika Yahoo menggunakan folder, Gmail menggunakan label, semua email yang terseleksi bisa dimasukkan ke dalam label tertentu dan yang lebih uniknya suatu email bisa dimasukkan lebih dari satu label, misalnya email yang diberi label “kantor” dan “boss” maka email-email tersebut adalah email yang berasal dari kantor dan yang dikirim oleh bossmu, yang bukan dari boss tapi juga berasal dari kantor akan hanya dimunculkan dalam label “kantor”.

Cara membuat label;
Pilih email-email yang akan dimasukkan ke dalam label baru, caranya centang kotak yang berada disamping nama email tersebut. Sesudah itu klik kotak yang bertulisan “label”, kotak drop-down menu yang terletak diatas kolom email inbox maka sejumlah pilihanpun akan muncul, pilih “Create New” sesudah itu isi label baru tersebut dengan nama label yang anda inginkan.

Cara membuat label atau folder di GmailCara kedua, klik “setting” sesudah itu klik “label”, isi label baru anda dengan nama yang anda inginkan dikolom kedua dibawah, setelah selesai klik “Create”. Maka label baru anda akan muncul di daftar Labels tersebut, sesudah itu balik ke inbox dan pilih email-email yang akan anda masukkan ke label baru anda tersebut, sesudah klik kotak yang bertulisan “label”, kotak drop-down menu yang terletak diatas kolom email inbox maka sejumlah pilihanpun akan muncul, klik nama label baru anda dan emailnya pun akan masuk ke kategori tersebut.

membuat folder atau label di Gmail
Untuk merubah nama label anda klik “Settings” yang terletak di atas kanan, setelah itu di kolom Labels yang berada di bawah terdapat nama-nama label yang anda miliki, klik nama label tersebut dan otomatis kolom isian akan terbuka dan anda bisa mengubahnya, setelah selesai merubahnya tekan enter. Untuk menghapus label tinggal meng-klik link "Remove" yang terletak disamping kanan label tersebut.

merubah nama label di gmail


No comments:

Post a Comment