Saturday, September 12, 2009

Cara menghilangkan angka jumlah post di label Blog

Dalam postingan sebelumnya mungkin anda telah membaca cara menghapus atau menghilangkan angka jumlah postingan dalam arsip Blogger, kali ini anda mungkin juga penasaran apakah angka jumlah postingan di label Blogger juga bisa dihilangkan karena mereka berdua hampir hampir mirip. Jawabannya bisa, dan banyak para blogger yang tidak mencantumkan angka jumlah postingan tersebut. Alasannya salah satu mungkin ialah jika di sebuah label tertentu terdapat jumlah postingan yang sedikit maka kemungkinan si pengunjung akan malas atau tidak tertarik untuk meng-kliknya, jadi untuk mengatasi hal tersebut mereka memutuskan untuk menghilangkan saja.


Cara menghilangkannya pun sederhana, langkah langkahnya seperti ini:

  • Masuk ke akun Blogger anda.
  • Dari dashboard klik Layout > Page Elements tab.
  • Lihat di halaman kolom page elements apakah disana sudah ada widget Labels belum (widget yang isinya terdapat label-label anda), jika belum anda harus meng-aktifkannya terlebih dahulu. Cara meng-aktifkan label widget anda klik Add a Gadget > pilih Labels > klik SAVE. Anda akan melihat widget label baru anda di halaman page elements.
  • Selanjutnya klik Edit HTML dan centang kotak Expand Widget Templates.
  • Sampai disini disarankan agar anda selalu membuat back-up template anda terlebih dahulu sebelum merubah apapun pada HTML template anda. Seperti biasa, cara memback-up template anda klik “Download Full Template” dan simpan di komputer anda, jangan sampai hilang.
  • Selanjutnya tekan Ctrl + F untuk mencari kode seperti dibawah ini:

    <b:widget id='Label1' locked='false' title='Labels' type='Label'>
  • Setelah menemukannya, dibawah kode tersebut (tidak jauh dari sana) terdapat lagi kode seperti ini dan hapus yang ini:

    (<data:label.count/>)
  • Setelah itu klik SAVE TEMPLATE dan selesai.
Sesudah menjalani langkah langkah diatas maka setiap kali anda publish postingan anda maka tidak akan ada lagi angka jumlah postingan yang ditampilkan di label widget seperti sebelumnya.


No comments:

Post a Comment