Sunday, October 11, 2009

Rahasia Firefox

Apa perbedaan Internet Explorer dan Firefox? Sama sama merupakan browser yang selalu di update tetapi keduanya jelas ada perbedaan. Berikut salah satunya:

Location bar (kalau di Firefox location bar itu artinya address bar). Menghapus daftar website yang pernah dikunjungi dalam history location bar. Browser anda dapat merekam tiap kunjungan yang anda lakukan dan daftar daftar tersebut dapat anda lihat pada drop down menu location bar. Kalau anda sering misalkan membuka situs situs ‘nakal’ maka secara otomatis alamat alamat situs tersebut akan memenuhi daftar list website yang pernah anda kunjungi pada location bar anda. Agar tidak ketauan sang pacar, anda bisa menghapusnya pada browser Firefox. Contoh lain misalkan anda berkunjung dan membeli bunga di situs toko bunga online dan ingin merahasiakannya dari pacar, anda bisa menghapus URL toko bunga tersebut agar jika sang pacar browsing memakai laptop anda nama website toko bunganya tidak muncul, jadi kejutannya tetap terjaga. Cara menghapusnya anda bisa ketik nama URL pada location bar dan sederet daftar list yang berhubungan dengan huruf yang anda ketikpun bermunculan, gunakan tombol panah kebawah dari keyboard dan pilih URL yang ingin dihapus setelah itu klik tombol Delete.

Spread Firefox Affiliate Button
Auto complete. Trick ini banyak yang tidak tau walaupun sebenarnya cukup bagus. Coba ketik nama website pada address bar Firefox anda tanpa menggunakan huruf ‘www’ dan ‘com’. Setelah selesai tekan Ctrl + Enter maka otomatis huruf ‘www’ dan ‘com’ nya pun akan diikut sertakan dan anda akan dibawa ke alamat tersebut. Kedua, jika anda ketik nama website seperti ini: websiteku/halamansatu (setelah itu tekan Ctrl + Enter) maka nama URL destinasi anda akan otomatis menjadi seperti ini: www.websiteku.com/halamansatu, kalau di Internet Explorer cara ini dilakukan maka nama URL destinasi yang muncul akan menjadi www.websiteku/halamansatu.com (error). Untuk alamat yang menggunakan .net bisa dengan menekan Shift + Enter dan untuk alamat yang menggunakan .org bisa dengan menekan Ctrl + Shift + Enter.

Menggunakan keyword untuk menuju ke bookmark. Jika bookmark anda banyak apalagi kalau sebagian sudah tersimpan di berbagai sub-folder maka bisa menjadi merepotkan untuk mencarinya satu satu. Di Firefox anda bisa menggunakan keyword untuk menuju ke situs yang ingin anda buka. Caranya buka bookmark anda, pilih bookmark mana yang ingin anda buatkan keyword sebagai shortcut, klik kanan pilihan tersebut dan klik properties, isi nama keyword pendek sesuka anda di kolom keyword dan tekan SAVE. Sesudah itu anda tinggal mengetik nama keywordnya di address bar dan browser anda akan membawanya kesana.

Catatan: Address bar di Firefox disebut dengan location bar, Favorites di Firefox disebut dengan Bookmarks, Temporary Internet Files di FF disebut dengan Cache.


No comments:

Post a Comment