Monday, November 2, 2009

hosting domain CO.CC di 000Webhost.com

Jika anda ingin punya domain sendiri tapi belum siap untuk membelinya, anda bisa coba untuk mendapatkannya di CO.CC. Penyedia domain gratis ini bisa anda gunakan tanpa biaya sepeserpun, tetapi tiap account cuman bisa memiliki dua domain dengan TLD “co.cc”. Jadi misalkan kalau anda ingin menamakan domain anda “elevenmillion” maka domain anda akan menjadi www.elevenmillion.co.cc . Bagi orang Indonesia mungkin sudah banyak yang tau CO.CC karena di CO.CC sendiri sebagian besar yang menggunakannya adalah orang Indonesia (ini membuktikan kalau orang Indonesia suka yang gratis-gratis :p hehehe). Banyak pengguna blog seperti Blogger atau Wordpress yang menggunakan domain co.cc untuk mengganti URL blog mereka, jadi yang tadinya “namadomain.blogspot.com” maka akan menjadi “namadomain.co.cc”. Selain lebih mudah diingat, nama ‘blogspot’nya yang pasaran jadi hilang.

Cara register domain co.cc:
  • Pada halaman pertama, anda dapat memasukkan nama domain yang anda mau dalam kotak yang telah disediakan, setelah selesai tekan tombol “check” dan situs tersebut akan mengecek apakah nama yang anda masukkan sudah diambil orang atau belom, kalau sudah diambil orang maka masukkan lagi nama domain lain. Kadang anda akan dikenakan $3 atau $7 untuk nama domain bagus yang anda pilih, jika demikian maka ganti lagi dengan yang lain. Anda bisa menambahkan angka atau tanda hyphen (-) pada domain anda jika anda tetap tidak mau ganti karena ada keyword tertentu yang sedang anda pertahankan.
  • Jika nama domain anda sudah ada (available), klik “Continue to registration”.
cara membuat account co.cc gratis
  • Halaman “Create an account” akan muncul di sekitar tahap ini (kalau nggak salah). Jika sudah muncul, isi data data anda yang diperlukan.
  • Setelah itu anda akan menuju ke halaman yang menyatakan “Your new domain has been successfully registered”.
cara mendapatkan domain gratis
  • Klik “set up” dan 3 pilihan pun muncul: Name Server, Zone Record, and URL Forwarding.
cara hosting domain co.cc di 000webhost
  • Pilih yang “Name Server” dan anda akan diberikan formulir dimana anda bisa mengisi nama server anda disitu. Mari kita ambil 000webhost sebagai hosting untuk tutorial kita (mumpung 000webhost juga gratis dan saya sendiri menggunakannya). Nama server 000webhost biasanya adalah ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com (ok, jika anda ingin memastikan bahwa nama server yang kita masukkan tidak salah, mari skip langkah ini dulu dan lanjutkan ke langkah selanjutnya).
  • Buka tab baru dan masuk ke akun 000webhost anda (saya amsumsikan bahwa anda telah memiliki account 000webhost). Pada halaman utama klik “Create New” dan isi dengan nama domain baru co.cc anda beserta password yang anda inginkan dalam kotak yang telah tersediakan. Setelah selesai klik “Setup New Account”.
cara setup di hosting gratis 000webhost
  • Pada halaman selanjutnya klik "Back to Account List".
cara host domain anda ke hosting
  • Setelah itu pada halaman "Back to Account List", anda akan melihat nama server anda diatas, masukkan nama server tersebut ke dalam kolum formulir yang kita skip tadi.
cara mengetahui nama server anda di hosting
  • Kembali ke tab sebelumnya dimana anda berada di CO.CC pada halaman DNS form page. Masukkan nama server tadi dan klik tombol “Set up”.
cara setting DNS di co.cc gratisPerlu diingat bahwa waktu yang diperlukan untuk update pada nama server anda sekitar 72 jam.

Penting: Ada beberapa hal yang perlu diketahui jika host situs anda di hosting gratis yang satu ini (000.webhost.com). Lakukan selalu backup terhadap situs anda setelah melakukan update, banyak account membernya yang ditutup tanpa pemberitahuan dan peringatan dan alasannya bisa beraneka-ragam. Cek selalu apakah situs anda masih bisa dibuka kalau sudah ditinggal lama, karena account saya pernah ditutup dengan alasan "Inactivity" alias "tidak aktif". Saya masih bisa akses ke dalam account saya, namun file-file saya sudah hilang. Setelah saya cek di Google ternyata banyak juga orang yang bermasalah pada 000webhost, anda bisa lihat disini linknya. Tetapi kalau anda adalah seorang pemula yang ingin belajar hosting, tidak ada salahnya jika mencoba 000webhost, selama layanannya masih gratis.

7 comments:

  1. wah . .
    ini sangat bermanfaan . .
    makasih mas . . .

    ReplyDelete
  2. Imam


    Ini yang aku cari dari dulu....
    terimakasih ya...?

    ReplyDelete
  3. Salam kenal...
    sy udah daftar domain di co.cc (baru belajar), sy mau nanya, waktu saya masuk ke account sy, kok domain yang udah sy daftarkan tadi ngak ada di [My Domain]. Sy coba buat baru dengan nama yang sama, "namadomain is already registered". Sy jadi bingung, kira-kira salah dimana n bagaimana mengatasinya.
    Terima kasih bantuannya......

    ReplyDelete
  4. anda diharuskan mengisi name server anda pada domain baru yg baru saja dibuat, name server bisa anda dapatkan pada hosting yg anda gunakan (kalo pake 000webhost maka name servernya biasanya yg saya jelaskan diatas) setelah itu tunggu bbrp saat supaya nama domainnya aktif.
    anda sebaiknya isi name server anda secepatnya karena kalo tidak maka nama domain yg baru saja anda buat akan diambil kembali.

    ReplyDelete
  5. ijin menyimak gan,, thanks buat infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete