Saturday, September 26, 2009

Cara membuat dan mengirim sitemaps Blogger ke Google webmaster tools

Melakukan submit sitemaps Blogger blog ke Google webmaster tools merupakan hal yang sangat penting selagi mesin pencari Google pada saat ini masih menyandang sebagai mesin pencari yang paling besar dan paling dominan dari mesin pencari lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengundang sang Google bot untuk meng-‘crawl’ atau mengunjung situs anda serta memperkenalkan halaman halaman lainnya. Sitemaps itu sendiri adalah text file yang terdapat list semua daftar halaman yang ada pada situs atau blog anda.


Banyak yang bilang melakukan submit sitemaps adalah percuma karena bagaimanapun juga Google cepat lambat akan tetap mengindex halaman anda, namun dengan melakukan submit sitemaps ke Google juga bermanfaat untuk mempercepat terindex nya halaman kita beserta postingan postingan baru berikutnya.

Berikut langkah langkah untuk melakukan submit sitemaps Blogger pada Google webmaster tools:
  • Pertama tama login dulu tentunya ke Google webmaster tools, bagi yang belum memiliki account webmaster tools anda bisa daftar terlebih dahulu menggunakan account Gmail anda.
  • Setelah masuk, di dashboard anda klik tombol “Add a site” dan masukkan URL blog Blogger anda ke dalam kotak yang tersediakan dan klik Continue.
  • Setelah itu Google akan memberi anda sederet kode meta tag untuk dicopy dan paste ke dalam kolom HTML blog anda. Sisipkan kode tersebut di bagian head tag, save template anda dan kemudian balik ke webmaster tools untuk Verify. Proses verifikasi ini untuk membuktikan bahwa URL yang anda masukkan adalah benar benar situs milik anda dan bukan orang lain.
  • Untuk melanjutkan ke proses submit sitemaps, navigasi ke Site configuration (dari dashboard) > Sitemaps and tekan tombol “Submit a sitemap”.
  • Sebuah kotak pop up muncul dan anda disuruh isi ke dalam kotak tersebut. Masukkan kode ini:

    atom.xml?redirect=false
  • Nama URL nya maka akan menjadi seperti ini:

    http://namablog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false
  • Klik tombol Submit sitemap dan selesai.
Coba lakukan refresh halaman anda semenit setelah submission dan anda akan melihat tanda ‘centang hijau’ dibawah status yang berarti proses submission telah sukses dilakukan.
membuat sitemaps blogger

8 comments:

  1. nice info gan... Mampir juga di

    http://yugo21.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Ini yang lagi di cari. Makasih infonya, gan ...

    ReplyDelete
  3. sukses tutorialnya gan!!!!
    http://boygt2.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Visit here Big Smile ..!!
    http://palingkomplet.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. jangan lupa mampir diblog saya dan tukeran link...
    http://restushare.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Jadi boleh submit 2 kali ya, saya pikir hanya satu sitemap blog yang boleh
    terima kasih infonya..

    ReplyDelete