Saturday, October 31, 2009

Panduan dasar Google Webmaster Tools

Blogger, online marketer dan pemilik situs selalu memerlukan informasi lebih lanjut berkaitan dengan bagaimana search engine melihat situs mereka. Google Webmaster Tools menyediakan layanan gratis dan dukungan bagi mereka yang mencari untuk meningkatkan visibilitas situs, mendiagnosa kesalahan dan menyatakan preferensi tentang bagaimana menangani situs web listing. Anda juga dapat memperoleh informasi ini diforward ke alamat email anda.


Setelah anda login ke Google Webmaster Tools, anda harus klik pada tombol "Add a Site". Masukkan URL situs anda dan klik Continue. Sebelum mulai menggunakan layanan ini lebih lanjut, anda perlu melakukan 'verifikasi situs' untuk memberitahu Google bahwa situs yang anda cantumkan adalah benar-benar milik anda, sehingga anda dapat melihat informasi lebih lanjut. Anda dapat memverifikasi situs anda dengan menyisipkan sebuah tag META yang diberikan oleh Google Webmaster Tools pada bagian HEAD situs anda (diletakkan sebelum tag penutup head pada html halaman anda). Setelah memverifikasi situs dengan Google, segala macam informasi sekarang dapat diakses.

Saat memasukkan URL anda dan Google masih tidak dapat mengindeks situs anda, maka anda bisa mencoba kembali dengan memasukkan URL yang sama tanpa 'www'. Sebagai contoh: http://situsku.com/ dan bukannya http://www.situsku.com/

Pada dashboard Google Webmaster Tools, terdapat bagian ‘Top search queries' bagi para anggota untuk mengetahui peringkat pada kata kunci mereka, kata kunci mana yang memberikan anda trafik yang besar dan melalui hasil yang mana pengunjung meng-klik. Dari sini anda juga dapat mengetahui dari Google negara mana yang memberi anda trafik yang lebih besar dan juga menyortir hasil pencarian gambar.

Tanda-tanda yang akan anda temukan pada bagian 'Top search queries ':
‘#’ artinya peringkat permintaan pencarian.
‘%’ artinya persentase atas 100 query diwakili oleh tiap pencarian. Sebagai contoh, jika atas 100 queries mewakili 1.000 pengguna pencari, dan para pengguna tersebut mencari “kopi espresso” 260 kali, query tersebut mewakili 26% dari jumlah total pencarian untuk top 100 queries tersebut.

Link To Your Site,
Ini akan memberitahu pemilik website jumlah link dari situs-situs lain ke situs web mereka, anchor text apa yang mereka gunakan. Data ini juga dapat didownload dalam bentuk spreadsheet. Ini sangat membantu, terutama untuk melihat bagaimana perkembangan situs yang anda lakukan secara keseluruhan.

Subscriber Stats,
Bagian ini akan memberitahu anda berapa banyak pelanggan RSS feed anda melalui Google Reader.

Crawl Errors,
Alat diagnostik ini akan memberi tahu anda halaman mana saja dari situs anda yang mendapat kesulitan dikunjungi oleh sang Google. Jika terdapat masalah, maka akan dilaporkan di sini. Bagian ini juga terkategorikan atas web, mobile, dan mobile WML.

Perlu diketahui, semua blogspot label link akan diblokir oleh robots.txt untuk menghindari duplikasi dalam indeks mesin pencari. URL yang diblokir akan terlihat seperti ini: http://namabloganda.blogspot.com/search/label/namalabelanda . Anda akan menemukannya di tab “URLs restricted by robots.txt”. Pembatasan ini dilakukan secara default di blogspot, tidak ada kesalahan apapun sehingga tidak perlu melakukan perbaikan untuk hal ini (lagipula anda tidak dapat mengubah settingan ini).

Peta situs atau sitemaps,
Peta Situs adalah daftar posisi dari seluruh halaman pada website anda. Menciptakan sebuah sitemap mungkin dapat membantu meskipun tidak akan membantu banyak untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik, tetapi dapat mempermudah mesin pencari untuk berkunjung ke seluruh halaman anda. Jika ada perbedaan besar antara jumlah halaman yang anda miliki di situs anda dan jumlah yang dilaporkan dalam bagian ini, maka kemungkinan terdapat masalah. Dari sini, maka anda mungkin bisa menyelidiki lebih lanjut. Klik link ini untuk mengetahui cara membuat dan mengirim sitemap Blogger ke Google webmaster tools.

Bagi yang menggunakan website yang di hosting dan tidak tau bagaimana cara membuat sitemap, anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan banyak situs untuk membuat sitemap anda di web (sitemap generator). Anda hanya tinggal mencarinya saja lewat Google. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu hanya meletakkan URL lengkap alamat situs anda pada kotak isian yang tersedia, isi info-info lainnya yang diperlukan, lalu menekan tombol Start. Mereka akan menyediakan link untuk anda untuk didownload sitemap yang telah mereka buat. Download sitemap tersebut dan letakkan di folder "public_html/" server anda.

Mengenai posisi URL di sitemap tersebut jangan terlalu dihiraukan karena tidak akan terlalu berdampak pada search engine. Priority pada pembuatan sitemap artinya berapa pentingkah suatu URL dibandingkan dengan URL yang lain pada website yang sama. Banyak diantara mereka yang meletakkan priority yang lebih besar pada halaman yang sering diupdate, namun banyak juga yang bilang kalau hal tersebut tidaklah terlalu berpengaruh dalam segi rangking pada hasil pencarian.

Periksa bagian “message” atau"Pesan", sebagai tim GWT akan mengirimkan pesan kepada anda jika ada masalah dengan salah satu dari situs anda.

4 comments:

  1. mantab..tp sayang kurang lengkap gan..tambahin lg panduan lengkap google webmaster tools ..susah bgt cari panduan bahasa indonesia tp komplit,
    Thank's
    dicky

    ReplyDelete
  2. Queri web saya semakin hari semakin menurun. Dan impressions dan click nya juga menurun drastis. Apakah anda punya solusinya? Terimakasih

    ReplyDelete