Cara Mengecek Reputasi Sebuah Website

Di Web saat ini banyak sekali ancaman dari hal-hal yg amat mengganggu sampai ke yg berbahaya seperti dari hal yang paling umum yaitu email spam, penipuan, sampai ke virus-virus ataupun spyware berbahaya yang menyerang dan tersebar pada banyak situs yang tertular. Karena itu, ini membuat para pengguna web harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan internet.

Saya yakin banyak diantara kalian yg tidak tau cara mengecek reputasi sebuah situs atau website, apakah situs tersebut berbahaya ataupun sudah di blacklist karena hal-hal tertentu. Mengetahui hal ini sangatlah penting apalagi untuk anda yang hendak bekerja sama dengannya seperti pemasangan iklan di tempatnya, melakukan pertukaran link (links exchange) ataupun bagi yang hendak membeli nama registered domain. Bagi anda yang mau pindah ke server baru atau perusahaan hosting baru anda juga perlu memastikan bahwa alamat IP mereka bersih dan aman.



Salah satu alat atau tool yang berguna untuk membantu hal ini adalah BlacklistAlert.org, anda bisa menggunakan alat ini untuk meyelidiki apakah situs anda sendiri juga telah diblacklist. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu memasukkan nama domain anda pada kotak kosong yg disediakan setelah itu tool tersebut akan mulai mengeceknya. Jika pada hasilnya status anda OK, maka situs anda aman-aman saja, tetapi jika tidak OK maka seharusnya disana juga ada penjelasan mengapa. Alat lain yang bisa digunakan untuk hal ini adalah dengan melalui situs mxtoolbox. Jika website anda tercantumkan di dalamnya (alias di blacklist), anda bisa cari tau bagaimana cara untuk mengeluarkan website anda dari dalam daftar. Cara mengecek apakah sebuah situs di banned oleh Google/Adsense bisa melalui bannedcheck.

Untuk mengecek apakah sebuah situs sedang down untuk semuanya atau hanya anda saja yang tidak bisa mengaksesnya, anda bisa menggunakan tool ini downforeveryoneorjustme.com. Kadang banyak orang yang berpikir bahwa mereka tidak bisa mengakses sebuah situs karena situs tersebut lagi down padahal DNS atau IP mereka yang bermasalah.

Untuk mengecek pagerank, keyword density, meta tags, backlinks, link popularity, social services (dan banyak lagi) pada suatu website anda bisa mencobanya melalui testeveryhing. Tool ini dibagi menjadi 8 katogori dan anda bisa mencoba semuanya dari ping tester sampai yang ke graphic generator.

Website yang “aman dan benar” seharusnya memiliki halaman contact yang tertera nomor telepon dan alamat perusahaan. Anda juga bisa check informasi lainnya melalui whois search dan liat apakah informasi keduanya sama. Banyak situs yang tidak jelas menyatakan bahwa keberadaan mereka ada di US tetapi setelah di check meggunakan tool itu ternyata tidak benar.

Faktor penting lainnya untuk menentukan apakah sebuah website itu “aman” adalah dari umur websitenya itu sendiri. Website scam dan penipuan sering ditemukan hanya berumur beberapa bulan saja. Jika website yang serius dalam berbisnis biasanya dia register nama domainnya beberapa tahun sebelumnya.

Salah satu tips lainnya yang tidak kalah penting adalah mengecek tetangga2nya dalam hosting dia melalui IP search. Banyak website yang ditujukan untuk penipuan berada dalam shared IP address. Anda perlu waspasa jika tetangga-tetangga nya keliatan aneh dan mencurigakan.

Gunakan akal sehat dan hindari segala penawaran yang manjanjikan hal-hal yang terlalu hebat untuk sebuah kenyataan. Perhatikan logo Veri-Sign pada sebuah website, logo tersebut biasanya dimiliki sebuah website yang terpercaya dan biasanya logo tersebut terletak di bawah halaman atau di footer. Klik link tersebut untuk memastikan apakah website itu legal sebelum melanjutkan transaksi.

Hendak berbagi pengalaman anda tentang hal ini? Ada rekomendasi tool lain? bisa dishare disini.

22 comments:

  1. Mantap Gan Informasinya. Thanks udah sharing. banyak referensi yang saya dapat diartikel ini.

    ^_^

    ReplyDelete
  2. makasih gan. disini bnyk informasi yag gak ada di blog laen ...

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat bgt infonya u/ newbi sperti saya

    ReplyDelete
  4. maksi infonya bos,,,,,,www.agenvimax.com

    ReplyDelete
  5. makasi gan infonya, bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  6. wauuw..ini yang kucari artikel tutorial nya pas menu nya..coalnya web famasindo dot com kog tdk keindex index yaaaa heheheheh...maklum newbee Mastah, tp minta tolong di review dung...hehehe makasih

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah hargasahabat masih aman aman aja gan.. btw makasih gan bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  8. terima kasih tipsnya... kita memang harus tetap hati2 dengan berbagai transaksi yang ada diinternet...

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. thank gan demi menambah pengetahuan saya mengenai optimasi tentu artikel anda ini sangat penting buat saya.

    ReplyDelete
  12. Kalau cek website terkena sanbox dan cara mengembalikan kembali bagaimana mas Broo...

    ReplyDelete
  13. kalo ngecek kira-kira berapa penghasilan website tersebut caranya gimana ya gan? mungkin ada infonya?

    ReplyDelete
  14. Reputasi sebuah website memang penting sehingga bila dapat mengetahuinya itu akan sangat baik dan sebagai pemilik situs sebaiknya selalu bisa mengambil tindakan yang tepat untuk reputasi situsnya.

    ReplyDelete