Tuesday, November 10, 2009

Cara Mengecek Jumlah Pageviews Pada Suatu Website

Mencari tau berapa jumlah pageview sebuah website peroleh tiap bulan sering dilakukan untuk mengamati para situs pesaing, hal ini juga perlu dilakukan terutama jika anda berminat untuk meletakkan iklan anda disana. Untungnya di internet terdapat banyak tool yang bisa digunakan untuk memperoleh statistik (page view + jumlah pengunjung yg berbeda) secara gratis. Walaupun hasilnya tidak begitu akurat namun hal ini tetap bisa digunakan untuk memprediksi kurang lebih berapa besar jumlah trafik pada suatu website.

Alexa bisa menjadi tempat pertama untuk memulai – walaupun Alexa tidak memberitahu secara detil berapa jumlah page view pada sebuah situs, namun dia memberikan perkiraan persentase jumlah pengguna internet yang mengunjungi sebuah situs dalam periode tertentu.


Statbrain - mengukur jumlah page view suatu website. Kabarnya situs ini menggabungkan Alexa rank dan backlink counts dari Google, Yahoo dan faktor lainnya.

Google Trend, Google Ad Planner dan Google Analytics adalah alat berguna lainnya di internet yang bisa anda coba untuk menggunakannya jika anda ingin mengetahui jumlah tampilan halaman (pageview) di situs Web. Mereka sangat dianjurkan. Estimasi pada Trend dalam memprediksi jumlah pengunjung unik setiap hari mungkin bisa sangat dekat dengan angka sebenarnya, tetapi masalahnya mereka belum menyediakan data untuk para situs yang memiliki trafik sedikit.


Tool lain yang bisa anda coba:
http://www.cubestat.com/
http://www.websiteoutlook.com/
http://www.checksitetraffic.com/

Situs situs diatas banyak diantaranya juga menyediakan beberapa informasi statistik sekaligus seperti pageview perhari, harga jual sebuah website maupun berapa penghasilan sebuah website dari iklannya. Dan yang lebih enaknya lagi, servis ini semuanya bisa digunakan gratis - namun jangan mengharapkan keakuratannya karena tiap situs tersebut bisa menghasilkan informasi yang berbeda dengan situs lainnya.

13 comments:

  1. tool-tool seperti ini saya baru denger ... wah makasih ya gan ..

    ReplyDelete
  2. ada lagi kok, ada lagi yang biasanya dipakai oleh orang-orang. Tapi namanya apa ya ?
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  3. untuk mencapai page view 10.000 perbulan kira-kira rank alexa nya berapa ya?
    mohon infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa dipatokin secara pasti ratio antara pageview dan alexa, karna alexanya itu sendiri lebih berdasarkan pengunjung di website yang terinstal alexa toolbar di browsernya.

      Delete
  4. makasih sob sudah berbagi info sangat membntu. kalau untuk platform wordpress gimana ya? pulin apa yang kita install

    ReplyDelete
  5. makasih mas atas info nya saya coba dulu tips dan tool nya

    ReplyDelete
  6. singgah juga yaaa

    www.tokowscbiolo.com

    ReplyDelete
  7. langsung TKP ni,terima kasih infonya

    ReplyDelete
  8. kalo pake google analytics kok harus cantumin code nya ya, berarti yang di analisis harus web nya sendiri? nggak bisa web orang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tidak bisa, set up analytic perlu masukin kode dari webpage ke dalam akun.

      Delete
    2. iya, betul kata mas Edy, masukin kode pelacakan yang diberi google analytics ke situs yg kita miliki

      Delete