Wednesday, October 7, 2009

Alexa Rank toolbar dan Alexa Rank widget

Alexa rank sangat dipengaruhi oleh trafik atau jumlah pengunjung yang datang ke website anda. Banyak para internet marketer percaya bahwa salah satu cara yang dapat amat mempengaruhi Alexa rank adalah dengan memasang Alexa toolbar dan memasang Alexa widget pada website atau blog anda.


Bagaimana Alexa tau jumlah pengunjung website kita?
Jawabannya adalah dari Alexa toolbar (suatu alat software pengukur dan pelacak yang kita bisa download gratis) yang kita pasang pada browser kita. Tetapi tidak semua pengguna internet menggunakan Alexa toolbar pada browser mereka, cara kedua adalah dengan menggunakan Alexa widget yang anda bisa peroleh gratis dan dipasang pada website anda. Dengan memasang Alexa widget juga bisa menyumbang keakuratan data jumlah pengunjung yang anda peroleh dari website atau blog anda karena kedua fasilitas ini mempunyai peran yang sama.

Banyak para blogger dan webmaster yang mempunyai berbeda pendapat mengenai apakah ada pengaruhnya memasang Alexa widget ini atau apakah dengan memasang Alexa widget ini dapat membantu meningkatkan Alexa rank nya itu sendiri, sebagian bilang tidak sama sekali karena kegunaannya hanyalah untuk memamerkan jumlah pengunjung pada website tapi bukan untuk membantu meningkatkan Alexa ranking itu sendiri dan Alexanya sendiri tidak pernah menyatakan hal ini. Jumlah pengunjung yang dilacak oleh sistim Alexa hanyalah dengan memasang Alexa toolbar dan karena tidak semua pengguna internet memiliki Alexa toolbar maka keakuratannya tidak diyakinkan 100 persen.

Keuntungannya adalah jika website atau blog anda memiliki trafik yang bagus maka tidak salahnya jika anda meletakkan widget ini karena salah satu hal yang dilihat oleh para advertiser atau pengiklan untuk meletakkan link mereka dan mengukur betapa potensialnya sebuah website untuk mampu menjual produk mereka adalah dengan melihat Alexa rank widget ini.


3 comments:

  1. kalau sub-domain, bisa teranking gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada umumnya, subdomain memperoleh rank secara tak terpisah dari domain utamanya, namun alexa memberi pengecualian seperti subdomain pada blog atau personal page yang di host pada suatu host/blog terkenal seperti blogspot atau livejournal.com.

      Delete